Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

KJRI Cape Town Bantu 28 WNI Pulang

A   A   A   Pengaturan Font

CAPE TOWN - KJRI Cape Town memfasilitasi pemulangan 28 WNI yang merupakan anak buah kapal (ABK) Shinsei Maru No 3 milik Jepang, kembali ke tanah air di tengah-tengah lockdown Afrika Selatan. Demikian keterangan tertulis KJRI Cape Town kepada Koran Jakarta, Minggu (26/4).

Pemberlakuan lockdown di Afrika Selatan sejak 26 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Kondisi ini mempersulit perbaikan kapal Shinsei Maru No 3 yang sudah tidak layak beroperasi. Maka, seluruh ABK yang terdiri dari 28 WNI dan 5 pelaut Jepang dibolehkan pulang ke tanah air masing-masing.

Melalui lobi intensif kepada Konsul Jenderal Jepang, KJRI CT dapat menitipkan 28 WNI untuk pulang ke tanah air bersama lima ABK Jepang. "Kami mengupayakan yang terbaik untuk kepulangan para pekerja migran Indonesia di Cape Town tersebut," kata Konjen RI Cape Town, Mohamad Siradj Parwito.

Saat ini tidak ada pesawat komersial yang beroperasi melayani rute internasional hingga 30 April 2020. Untuk itu, diputuskan untuk dilakukan melalui pesawat sewa Ethiopian Airlines (Cape Town - Narita). Selanjutnya, 28 WNI tersebut diterbangkan dengan pesawat ANA 835 pada 26 April 2020 ke Jakarta. Mereka mestinya Minggu (26/4) tengah melam sudah tiba di Jakarta. Wid/G-1


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top