Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ketegangan Meningkat, Kanada Tarik 41 Diplomat dari India

Foto : NDTV

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly.

A   A   A   Pengaturan Font

MONTREAL - Kanada mengatakan telah menarik 41 diplomatnya dari India, dampak dari perselisihan terkait pembunuhan seorang pemimpin komunitas Sikh yang dianggap India sebagai separatis di tanah Kanada.

New Delhi berencana mencabut kekebalan diplomatik bagi semua kecuali 21 diplomat Kanada dan keluarga mereka pada Jumat (20/10), sehingga memaksa Ottawa menarik diplomat lainnya, kata Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly.

"Kami telah memfasilitasi keberangkatan mereka dengan aman dari India," tambah Joly. "Ini berarti diplomat kami dan keluarga mereka kini telah pergi."

Hubungan antara India dan Kanada memburuk sejak Perdana Menteri Justin Trudeau bulan lalu secara terbuka menghubungkan intelijen India dengan pembunuhan warga negara Kanada Hardeep Singh Nijjar. Tuduhan yang dibantah New Delhi.

Nijjar, yang menganjurkan pembentukan negara Sikh yang terpisah dari India, dicari oleh pihak berwenang India karena tuduhan terorisme dan konspirasi untuk melakukan pembunuhan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top