Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konsumsi Energi

Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Tak Pacu Inflasi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Perubahan harga BBM nonsubsidi diperkirakan hanya sedikit mempengaruhi laju inflasi. Sebab, kelompok kelas menengah ke atas sebagai konsumen BBM tetsebut, tidak akan signifikan merasakannya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta pemerintah tidak ragu untuk mengeluarkan kebijakan penyesuaian perubahan harga BBM nonsubsidi secara berkala.

Baca Juga :
Lonjakan Konsumsi BBM

"Kalau harga tetap, maka orang akan cenderung boros. Jika harga fluktuatif, mereka akan berhitung. Ketika harga BBM fluktuatif, maka akan terjadi perubahan pola pikir ekonomi pada kelompok menengah ke atas agar lebih efisien," tutur Ekonom dan peneliti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (Unej) Ciplis Gema Qori'ah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/2).

Menurutnya pemerintah tidak usah ragu-ragu dalam mengeluarkan kebijakan karena ia percaya bahwa masyarakat kelas menengah atas akan cepat beradaptasi dengan kenaikan harga BBM nonsubsidi secara berkala.

"BBM nonsubsidi itu untuk kalangan menengah atas. Jadi begitu ada perubahan kenaikan harga BBM nonsubsidi, maka inflasi sangat sedikit sekali dampaknya," ucap peneliti Kelompok Riset Data Satu Universitas tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top