Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kinerja Kementerian

Kemendagri Raih Penghargaan Pengelola Aduan

Foto : ISTIMEWA

Bahtiar, Kapuspen Kemendagri

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri meraih penghargaan sebagai Top 30 instansi pengelola pengaduan pelayanan terbaik di ajang Kompetisi SP4N-LAPOR! Penghargaan ini diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada lembaga atau instansi yang dinilai terbaik dalam mengelola setiap pengaduan yang dilaporkan kepada instansi bersangkutan.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, penghargaan ini menjadi sangat istimewa bagi kementeriannya. Sebab ini, untuk pertama kalinya kementeriannya masuk dalam top 30 instansi pengelola pengaduan pelayanan terbaik. "Ini pertama kalinya kami top 30 instansi pengelola pengaduan pelayanan terbaik yang diberikan oleh Kemenpan RB," kata Bahtiar di Jakarta, Selasa (10/12).

Bahtiar menambahkan, penghargaan Top 30 instansi ini diberikan kepada instansi yang ditetapkan sebagai pemenang kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019. Kompetisi itu sendiri untuk tahun ini diikuti oleh 312 instansi." Pesertanya adalah kementerian, lembaga, pemda, perguruan tinggi negeri, BUMN, dan BUMD," katanya.

Kata Bahtiar, penghargaan yang diterima kementeriannya di bidang pengelolaan pengaduan adalah bentuk nyata dari komitmen instansinya untuk memastikan setiap pengaduan terlayani dengan baik. Dari awal, memang didorong agar setiap laporan yang ada direspon dengan baik. Bahkan mesti ditindak lanjuti. "Kami ingin memastikan setiap pengaduan tertangani dengan baik," ujarnya.

Terkait Kompetisi SP4NLAPOR! itu sendiri, menurut Bahtiar adalah ajang yang digelar setiap tahun. Ini kompetensi rutin yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB. Tujuan digelarnya kompetisi di bidang pengelolaan pengaduan ini adalah untuk membangun komitmen instansi pemerintah dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR!). Tujuan lainnya adalah mendorong peningkatan pelayanan publik dalam membangun pengelolaan pengaduan yang partisipatif.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top