Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Dampak Konflik

Jumlah Pengungsi Anak-anak di Sudan Terbesar di Dunia

Foto : afp/ASHRAF SHAZLY

JADI TEMPAT PENAMPUNGAN I Anak-anak bermain di taman bermain di sebuah sekolah yang telah diubah menjadi tempat penampungan bagi orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik di kota perbatasan utara Sudan, baru-baru ini.

A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk anak-anak atau United Nations Children's Fund (Unicef) pada Jumat (9/2) memperingatkan jumlah anak-anak di Sudan yang terpaksa mengungsi dari tempat asalnya pada saat ini telah menjadi yang terbesar di dunia.

Menurut badan tersebut, sekitar 3 juta anak-anak di Sudan terusir dari tempat tinggal mereka akibat perang saudara yang merebak sejak April 2023 lalu. Selain itu, ada 2 juta lainnya yang masih mengungsi akibat krisis-krisis sebelumnya.

Seperti dikutip dari Antara, Juru bicara Unicef, James Elder dalam konferensi pers mengakui mendengar kabar krisis kemanusiaan saat kembali mengunjungi Sudan, setelah terakhir datang ke negara itu saat konflik di Darfur 20 tahun yang lalu.

"Ketika saya kembali ke sana pekan lalu, saya dengar kabar-kabar orang tewas akibat malnutrisi maupun kekerasan. Saya juga bertemu banyak anak-anak muda berusia 20-an yang mimpinya telah pupus," ucap Elder.

Sudan tengah dilanda perebutan kekuasaan antara militer Sudan, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, ketua Dewan Kedaulatan yang berkuasa, dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) pimpinan Hemedti.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top