Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

John Kerry: AS Tidak Layak Terlibat dalam Pembuangan Air Terkontaminasi Radioaktif Fukushima

Foto : KBS/YONHAP News

John Kerry

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Perubahan Iklim, John Kerry, mengatakan AS tidak layak untuk terlibat dalam masalah pembuangan air yang terkontaminasi zat radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Jepang ke laut.

Kerry telah mengunjungi Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (17/4) dan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korsel. Chung Eui-yong, untuk membahas kerja sama bilateral dalam menanggulangi perubahan iklim.

Pada pertemuan tersebut, Chung menyampaikan keprihatinan serius pemerintah Seoul dan warga Korsel atas keputusan Jepang baru-baru ini untuk membuang air yang terkontaminasi zat radioaktif dari PLTN Fukushima.

"AS saat ini tidak memilik rencana terkait masalah tersebut," ucap Kerry dalam sebuah konferensi pers pada Minggu (18/4) di Seoul.

Ketika ditanya apakah Washington DC sama halnya dengan Seoul mengkhawatirkan tentang keputusan Jepang tersebut, ia kembali menegaskan bahwa AS yakin Jepang telah melakukan konsultasi dengan IAEA dan bahwa badan atom itu juga telah menyiapkan proses pembuangan yang sangat ketat. KBS/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top