Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jepang Targetkan Bawa Pulang Sampel Bulan Mars Pada 2029

Foto : JAXA/NHK
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Dewan strategis Jepang untuk pengembangan antariksa memaparkan targetnya untuk membawa pulang sampel dari salah satu bulan milik planet Mars pada tahun fiskal 2029. Dewan tersebut menyusun laporan pertengahan tahun pada Selasa (29/6) mengenai jadwal kebijakan dasar antariksa. Jadwal tersebut direvisi setiap tahunnya pada akhir tahun.

Dewan itu menargetkan agar Badan Eksplorasi Antariksa Jepang, JAXA, dapat meluncurkan wahana penjelajah pada tahun fiskal 2024 untuk merealisasikan rencana membawa pulang sampel dari Phobos ke Bumi lima tahun kemudian.

Laporan itu juga memuat skema untuk mewujudkan sistem orisinal yang akan memungkinkan otoritas segera memahami situasi jika terjadi bencana alam dengan memanfaatkan banyak satelit kecil. Laporan tersebut menyerukan keterlibatan strategis dari sektor publik dan swasta untuk tujuan itu.

"Antariksa merupakan garis depan yang memberikan mimpi dan harapan kepada orang-orang. Pada saat yang sama, ini juga menjadi pondasi yang mendukung ekonomi dan kemasyarakatan di masa mendatang," ucap Perdana Menteri Suga Yoshihide kepada dewan tersebut.

PM Suga menyebutkan bahwa berdasarkan keputusan dewan tersebut, ia akan memperkuat langkah-langkah apa pun yang diperlukan bagi kesuksesan misi itu. NHK/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top