Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jepang Mulai Uji PLTS Lepas Pantai Pertama

Foto : NHK
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah perusahaan Jepang sedang melakukan uji coba pertama panel surya terapung untuk menghasilkan listrik dengan mengapungkan sekitar 100 panel surya ke Teluk Tokyo pada November lalu

TOKYO - Sebuah perusahaan Jepang tengah melakukan uji coba pertama di negara ini dengan menggunakan panel surya terapung untuk menghasilkan listrik. Metode tersebut dianggap sebagai cara yang menjanjikan untuk menghasilkan energi terbarukan di negara yang lahannya terbatas.

Sumitomo Mitsui Construction melakukan uji coba tersebut dengan menggunakan subsidi dari pemerintah Metropolitan Tokyo. Perusahaan itu mengapungkan sekitar 100 panel surya ke Teluk Tokyo pada November.

Uji coba tersebut akan mengukur ketahanan panel, serta perbedaan kapasitas pembangkit listrik antara fasilitas darat dan lepas pantai. Perusahaan itu berencana untuk mulai menghasilkan listrik menggunakan panel-panel tersebut pada musim semi mendatang.

"Tenaga surya lepas pantai dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar karena efek pendinginan permukaan air," ucap Yukio Taketomi dari Sumitomo Mitsui Construction, seperti dilansir kantor berita NHK, Kamis (7/12).

Menurut Taketomi, hal ini juga memungkinkan manusia untuk menggunakan sejumlah besar ruang yang tidak dimiliki di darat. Ia yakin sistem tersebut dapat menghasilkan lebih banyak listrik dibandingkan pembangkit listrik tenaga surya skala besar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat, Berbagai Sumber

Komentar

Komentar
()

Top