Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jepang Gelar Latihan Militer Gabungan dengan AS dan Prancis

Foto : AFP/Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF)

Latihan Militer Gabungan l Petinggi militer dari Jepang, Amerika Serikat, Prancis dan Australia, saat menghadiri upacara peresmian dimulainya latihan militer gabungan di Camp Ainoura, Sasebo, Prefektur Nagasaki, Jepang, pada Selasa (11/5). Latihan militer ini rencananya akan digelar selama sepekan  di wilayah darat dan laut Kyushu.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Pasukan Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Prancis, pada Selasa (11/5) memulai latihan militer gabungan pertama mereka di barat daya Jepang. Latihan militer gabungan ini digelar setelah adanya kekhawatiran atas peningkatan pengaruh dan kekuatan Tiongkok di kawasan Asia.

"Latihan militer yang mencakup latihan udara, darat dan laut selama sepekan akan diadakan di wilayah darat dan laut Kyushu. Sepuluh kapal perang dari Jepang (6), Prancis (2), Amerika (1) dan Australia (1), serta 300 pasukan Angkatan Darat dari tiga negara, akan dilibatkan," kata seorang pejabat Angkatan Laut Prancis kepada AFP.

Latihan militer gabungan ini dilaksanakan setelah Tokyo menyatakan ingin memperdalam hubungan pertahanan di luar sekutu utamanya AS dan dengan terus memantau manuver Beijing di Laut Tiongkok Timur (LTT) dan Laut Tiongkok Selatan (LTS).

Jepang telah lama mengatakan merasa terancam oleh kekuatan militer Tiongkok yang besar dan terjadinya sengketa teritorial dengan Negeri Panda itu. SB/AFP/I-1



(AFP/SB/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top