Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Inovasi Semikonduktor

Jepang Gandeng TSMC Taiwan Kembangkan Teknologi Chip

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Jepang menandatangani proyek riset pengembangan teknologi semikonduktor tercanggih dengan dengan produsen chip asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Poyek tersebut menelan investasi senilai 37 miliar yen atau setara 4,28 triliun rupiah.

Saat ini, Taiwan terkenal sebagai salah satu produsen semikonduktor terbesar dan tercanggih di dunia. Proyek kerja sama riset tersebut dimaksudkan untuk memperkuat daya saing sektor semikonduktor Jepang.

Kerja sama tersebut dilakukan menyusul kelangkaan pasokan semikonduktor global sehingga berdampak pada kinerja industri manufaktur di Jepang, khususnya sektor otomotif.

"Sebanyak 20 perusahaan Jepang akan bergabung dengan TSMC dalam proyek senilai 37 miliar yen tersebut. Dalam hal ini, pemerintah akan ikut menanggung sekitar setengah dari nilai investasi tersebut," ungkap pejabat di Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang yang enggan mengungkapkan identitasnya, seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/6).

Dia menambahkan perusahaan asal Jepang yang ikut dalam proyek tersebut di antaranya perusahaan Asahi Kasei, Mitsui Chemicals dan Sumitomo Chemical. Dia mengungkapkan riset akan difokuskan pada teknologi untuk perakitan chip 3D yang memiliki karakteristik padat namun tetap kecil.

Proses konstruksi pembangunan fasilitas riset tersebut akan dimulai pada Juli-Agustus mendatang di the National Institute of Advanced Industrial Science and Technology in Tsukuba, dekat Tokyo. Fasilitas tersebut ditargetkan beroperasi pada 2022.

Seperti diketahui, pasokan semikonduktor di dunia mengalami kelangkaan akibat tinggi permintaan produk elektronik di masa pandemi Covid-19. Kelangkaan semakin diperparah dengan bencana di sejumlah negara produsen, seperti Amerika Serikat, Taiwan, dan Jepang. Selama ini, semikonduktor merupakan komponen penting dalam teknologi modern untuk pembuatan mulai dari smartphone hingga mobil.




Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, AFP

Komentar

Komentar
()

Top