Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jenderal Baret Merah Asal Aceh, Mantan Wakil Komandan Jenderal Kopassus

Foto : Istimewa

Letjen (Purn) Sofian Effendi.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Lahir di Bireuen, Aceh pada 25 Juli 1943, karir perwira baret merah ini cukup moncer. Ia tercatat pernah jadi Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Kala itu, posisi Wakil Komandan Jenderal Kopassus yang saat itu masih bernama Kopassandha, dijabat oleh perwira menengah berpangkat kolonel. Kini, jabatan Wadanjen Kopassus, di isi oleh jenderal bintang satu.

Perwira baret merah asal Bireun Aceh tersebut adalah Letjen TNI Sofian Effendi. Ia sudah purnawirawan. Sang jenderal, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1965. Ia satu angkatan dengan Letjen Tarub, eks Danjen Kopassus, dan Letjen Yunus Yosfiah, jenderal baret merah yang pernah jadi Menteri Penerangan di era Presiden Habibie.

Sejak lulus dari Akmil, Sofian Effendi memang merintis karir di Kopassus. Di Korps Baret Merah, Sofian pernah menjadi Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Ketika itu pangkatnya sudah kolonel.

Sofian juga pernah ditugaskan ke Bumi Serambi Mekah, Aceh menjadi Komandan Resor Militer 011, Lhokseumawe. Lalu ditarik ke Kodam Bukit Barisan untuk memangku jabatan Kepala Staf Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan.

Saat menyandang bintang dua di pundak alias sudah jadi Mayor Jenderal, Sofian sempat memangku jabatan sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri. Setelah itu dipercaya untuk memegang tongkat komando sebagaiPanglima Komando Daerah Militer VII/Wirabuana.

Selesai jadi Pangdam, ia menjadiAsisten Operasi Kasum ABRI. Baru kemudian diangkat menjadi Asisten Teritorial Kasum ABRI. Jabatan lain yang dipegangnya setelah itu yakni sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima ABRI. Sampai kemudian, pangkatnya naik jadi jenderal bintang tiga alias Letjen, ketika ia ditunjuk menjadi Gubernur Lemhannas. Jabatan sebagai Gubernur Lemhanas jadi jabatan terakhir Sofian sebagai tentara aktif, Sebelum ia pensiun dari dinas militer.



(ags/N-3)
Redaktur : Marcellus Widiarto

Komentar

Komentar
()

Top