Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jenderal Asal Bandung Ini Resmi Jadi Danpuspomad, Perwira dengan Sederet Penghargaan

Jenderal Asal Bandung Ini Resmi Jadi Danpuspomad, Perwira dengan Sederet Penghargaan
Foto : Istimewa

Letjen Chandra Warsenanto Sukotjo, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Letnan Jenderal TNI Chandra Warsenanto Sukotjo, jenderal kelahiranBandung, Jawa Barat, 14 Januari 1965 ini resmi didapuk sebagai Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad). Letjen Chandra jadi orang nomor satu di kesatuan polisi militer TNI AD menggantikan Letjen Dodik Widjanarko yang telah purna tugas.

Maka, sejak 26 Januari 2021, Letjen Chandra resmi jadi Danpuspomad ke-32. Jenderal alumni Akademi Militer 1988 ini, bukan jenderal biasa. Tapi jenderal yang kenyang dengan penugasan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Jenderal Chandra adalah perwira dengan sederet penghargaan. Berbagai bintang penghargaan telah diraihnya selama bertugas di TNI. Letjen Chandra adalah pemilik beberapa bintang penghargaan seperti Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

Penghargaan lainnya yang pernah diterima, antara lain Satya Lencana Dharma Bantala, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Wira Siaga, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Santi Dharma, Satya Lencana Veteran Perdamaian dan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, XXIV.

Di luar itu, Letjen Chandra juga sempat dianugerahi penghargaan dari luar negeri. Penghargaan dari luar negeri yang diraihnya adalah Medali Untag/Misi PBB Namibia, Medali Unomig/Misi PBB Georgia dan Medali Unmis/Misi PBB Sudan.

Penghargaan ini diraih Letjen Chandra saat ia ditugaskan untuk menjalankan misi perdamaian PBB.Mantan Deputi I Bidang Luar Negeri BIN ini juga kenyang dengan sebagai pendidikan. Pendidikan yang pernah diikutinya antara lain,Susarcab POM tahun 1988, Diklapa I POM tahun 1994, Diklapa II POM tahun 1998,Seskoad tahun 2001, Susdandenpom tahun 1999,Sesko TNI tahun 2012 danLemhannas tahun 2015.

Beberapa pendidikan lainnya juga pernah dienyam jenderal kelahiran Bandung ini antara lain Suspa Hartib, Suspa Idik,Suspa Lidkrim Pamfik, Sussarpa Intel, Suspamin Intel dan Suspa Intelstrat.



(ags/N-3)
Redaktur : Marcellus Widiarto

Komentar

Komentar
()

Top