Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Jalur Prestasi Tampung 110.000 Murid

Foto : ANTARA/Khaerul Izan

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo memberi keterangan kepada media di Jakarta, Rabu (12/6).

A   A   A   Pengaturan Font

“Yang telah diproses ini jalur prestasi untuk SMP, SMA, dan SMK. Anak-anak yang tidak masuk jalur prestasi, bisa masuk jalur zonasi."

JAKARTA - Penerimaan murid baru melalui jalur prestasi dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024 akan menampung 110.000 siswa. Ini untuk tingka SMP, SMA, dan SMK. "Tercatat terdapat 258.793 pendaftar," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Jakarta, Purwosusilo, Rabu.

Menurutnya, dari jumlah tersebut yang diterima sudah 110.000 siswa SMP, SMA, dan SMK untuk jalur prestasi. Sisanya belum bisa diterima. Dia menjelaskan bahwa calon siswa yang tidak masuk jalur prestasi, bisa mendaftar lagi melalui jalur lain seperti zonasi dan afirmasi.

"Yang telah diproses ini jalur prestasi untuk SMP, SMA, dan SMK. Anak-anak yang tidak masuk jalur prestasi, bisa masuk jalur zonasi," tuturnya. Purwosusilo menambahkan, untuk PPDB tingkat SD tidak melalui jalur prestasi karena siswa yang diutamakan jalur zonasi.

Purwo menuturkan, PPDB Tahun Ajaran 2024, Disdik Jakarta telah menata jalur zonasi tingkat SD. Setiap siswa yang satu RT atau rumahnya berdekatan dengan sekolah, otomatis diterima. "SD sekarang sudah ditata. Ada penyempurnaan sedikit. Kalau anak-anak SD satu RT masuk zona prioritas satu, diterima otomatis. Sisanya, di zona prioritas dua yang bersaing dengan kelurahan.

Seleksinya, berdasarkan zona prioritas dan usia. Baru kemudian waktu mendaftar. Lebih jauh Purwo menjelaskan, ketika semua siswa mengikuti PPDB sesuai dengan aturan, dipastikan akan diterima. Sebab dalam PPDB kali ini sudah dipastikan transparan, tidak ada kecurangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top