Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sejarah Yunani

Interaksi dengan Pedagang Fenesia Hidupkan Kembali Peradaban Yunani

Foto : AFP / MINISTRY OF CULTURE
A   A   A   Pengaturan Font

Pada era ‘60-an, situs Lefkandi di Euboea ditemukan. Situs itu  mengungkapkan pemukiman Yunani kuno yang berasal dari periode kegelapan antara 1200 sampai 950 sebelum masehi (SM).

Pada era '60-an, situs Lefkandi di Euboea ditemukan. Situs itu mengungkapkan pemukiman Yunani kuno yang berasal dari periode kegelapan antara 1200 sampai 950 sebelum masehi (SM). Situs ini menampilkan sejumlah kuburan dengan barang-barang kuburan yang menjalin perdagangan antara Euboea, Siprus, Mesir, dan Levant atau Syam.

Lefkandi adalah contoh utama komunitas yang tampaknya relatif tidak terpengaruh oleh zaman kegelapan Yunani. Berdasarkan penggalian bangunan besar yang dikenal sebagai "Makam Pahlawan," komunitas tersebut tampaknya pernah dipimpin oleh seorang kepala suku yang berkuasa dan kaya sekitar 950 SM.

Siapa mereka dan bagaimana mereka memerintah (jika mereka berkuasa) tidak diketahui, namun jelas bahwa mereka adalah anggota penting dari kelas elite aristokrat pada saat konsep aristokrasi tampaknya telah dilupakan.

Thomas R Martin dalam buku Ancient Greece: From Prehistoric to Hellenistic Times (2013) menulis: "Kita hanya dapat berspekulasi tentang berbagai cara yang mungkin digunakan oleh keluarga-keluarga untuk mendapatkan sebutan sebagai elit dan dengan demikian berhak mewariskan kekayaan dan status ini kepada keturunan yang mampu mempertahankannya,".

Beberapa keluarga di zaman kegelapan mungkin mewarisi status elit sebagai penyintas dari keluarga terkemuka di zaman Mycenaean yang entah bagaimana berhasil mempertahankan kekayaan atau tanah selama awal zaman kegelapan dengan kekayaan luar biasa dan berteman dengan orang-orang kurang beruntung yang mau mengakuinya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top