Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penanganan Wabah I BPOM Dampingi 15 Penelitian Obat untuk Terapi Covid-19

Indonesia Ingatkan soal Pemerataan Distribusi Vaksin

Foto : Sumber: Covid19.go.id
A   A   A   Pengaturan Font

Angka kasus dan kematian global menurun serta hampir sepertiga penduduk dunia telah mendapat dosis vaksin lengkap.

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menekankan pentingnya memastikan kemauan politik untuk mendistribusikan vaksin secara merata dan memastikan pembiayaan yang memadai untuk pengiriman vaksin.

Pernyataan itu disampaikan Menlu Retno ketika memimpin Pertemuan ke-6 COVAX AMC Engagement Group yang berlangsung secara virtual, pada Selasa (12/10).

Menurut Retno, distribusi vaksin merupakan tantangan baru setelah pengadaan vaksin tidak lagi menjadi kendala dalam penanganan pandemi Covid-19, mengingat produksi vaksin global yang sekarang mencapai 1,5 miliar dosis per bulan.

"Kita harus waspada terhadap kebijakan yang dapat mempersulit upaya untuk kesetaraan vaksin. Jadi, ini tetap harus terus kita waspadai walaupun tren terus menunjukkan hal yang positif," kata Retno ketika menyampaikan pernyataan pers secara virtual tentang hasil pertemuan COVAX AMC, Rabu (13/10).

Untuk mendorong kesetaraan akses dan distribusi vaksin, Indonesia secara konsisten menyerukan perlunya pengakuan bersama terhadap semua jenis vaksin yang telah memperoleh izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top