Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hong Kong Gelar Pemilu Distrik "Khusus Patriot" Pertama Kali

Foto : CNA/REUTERS/Tyrone Siu

Seorang wanita berjalan melewati kios penjual yang dipasang poster kampanye kandidat pemilihan dewan distrik di Hong Kong, Tiongkok pada 9 Desember 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

HONG KONG - Hong Kong menggelar pemilihan distrik "khusus patriot" untuk pertama kalinya pada Minggu (10/12) ketika tindakan keras keamanan nasional yang diberlakukan Beijing semakin meminggirkan mantan tokoh oposisi populer di kota tersebut.

Pemerintah yang pro-Tiongkok berupaya meningkatkan jumlah pemilih, karena beberapa pengamat melihat banyak orang yang menolak pemilu. Berbeda dengan pemilu dewan terakhir pada 2019, saat protes besar-besaran pro-demokrasi di Hong Kong, yang mencapai rekor 71 persen jumlah pemilih dan kubu demokrasi meraih kemenangan telak.

Amandemen yang diperkenalkan pada Juli memangkas kursi dewan distrik yang dipilih secara langsung hampir 80 persen dibandingkan empat tahun lalu.

Semua kandidat saat ini harus menjalani pemeriksaan latar belakang keamanan nasional dan mendapatkan nominasi dari komite pro-pemerintah, yang secara efektif melarang kandidat dari kalangan Demokrat, termasuk tokoh moderat dan bahkan beberapa tokoh pro-Beijing.

Perubahan tersebut semakin mempersempit kebebasan memilih di bekas jajahan Inggris itu. Tindakan keras berdasarkan undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan Tiongkok pada 2020 menyebabkan penangkapan mantan anggota dewan distrik dan pembubaran partai-partai oposisi besar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top