Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Gladbach Hadapi Misi Sulit saat Lawan City

Gladbach Hadapi Misi Sulit  saat Lawan City
Foto : SASCHA SCHUERMANN / AFP
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN - Borussia Moenchengladbach bakal menghadapi tantangan besar saat menjamu Manchester City di leg pertama babak 16 Liga Champions di Puskas Arena, Kamis (25/2) dini hari WIB. Jelang laga penting ini pelatih Gladbach, Marco Rose, justru berupaya keras mengatasi masalah di luar lapangan terkait pengumumannya yang akan bergabung dengan Borussia Dortmund di musim depan.
City asuhan Pep Guardiola menatap laga di Budapest, Hungaria ini dengan catatan 18 kemenangan berturut-turut di semua kompetisi. Sebaliknya, Gladbach terguncang akibat kekalahan mengejutkan 2-1 dari Mainz di kandang hari Sabtu lalu.
Rose menyalahkan kekalahan itu karena gangguan yang disebabkan oleh pengumuman pekan lalu bahwa dia akan melatih Dortmund pada 2021-2022. Berita tentang kepergiannya yang direncanakan juga menimbulkan kemarahan dari para penggemar Gladbach.
"Semua yang telah terjadi pekan ini yang menimpa para pemain, terjadi karena saya," ujar Rose. "Dan saya bertanggung jawab untuk itu," sambungnya.
Pertandingan leg pertama dipindahkan dari Moenchengladbach ke Budapest karena pembatasan perjalanan Covid-19 di Jerman.
Saat City menorehkan catatan kemenangan dengan mengalahkan Everton, juara bertahan Liverpool, dan Tottenham di Liga Inggris dalam beberapa pekan terakhir, Gladbach hanya mengambil satu poin dari tiga pertandingan Bundesliga terakhir.
Jika Rose ingin masa jabatan dua tahun bertanggung jawab atas Gladbach tidak berakhir dengan memalukan, dia harus membalikkan keadaan dengan cepat.
Jelang laga kontra City, Rose mengatakan tugasnya adalah menghadirkan keyakinan dan ketenangan di tengah skuadnya. Jadwal pertandingan yang padat tidak akan membantunya. Setelah City, Gladbach memiliki pertandingan liga tandang kontra RB Leipzig yang berada di posisi kedua pada hari Sabtu. Gladbach, kemudian menjamu calon klub Rose, Dortmund dalam pertandingan perempat final Piala Jerman Selasa depan.
Sebelum kekalahan dari Mainz, kapten Gladbach Lars Stindl menegaskan kabar kepergian Rose tidak akan mengancam penampilan mereka. Namun, performa pada hari Sabtu menunjukkan sebaliknya.
Gelandang Gladbach, Florian Neuhaus, mendesak rekan satu timnya untuk tidak terlalu takut menghadapi City. "Keberanian adalah faktor kunci," ujarnya kepada Kicker. "Jika kami bermain dua kali dengan performa terbaik kami, maka kami memiliki peluang bagus untuk lolos," sambungnya.
Menghadapi City yang bertabur bintang di babak 16 besar Liga Champions adalah ujian terbesar yang dihadapi Rose dalam dua tahun sebagai pelatih Gladbach. Mantan bek berusia 44 tahun itu telah membangkitkan raksasa tidur Gladbach. Sebelum kemerosotan baru-baru ini, mereka mengalahkan Bayern Munich, RB Leipzig, dan Dortmund di kandang sendiri musim ini. ben/AFP/S-2



(ben/S-2)
Redaktur : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top