Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Perubahan Iklim

Gelombang Panas Menyapu Dunia dari Amerika hingga ke Jepang

Foto : ISTIMEWA

Perubahan Iklim

A   A   A   Pengaturan Font

ROMA - Rekor gelombang panas diperkirakan terjadi di seluruh dunia mulai dari Amerika Serikat, di mana puluhan juta orang berjuang melawan suhu tinggi yang berbahaya, hingga Eropa dan Jepang, dalam ancaman dari pemanasan global terbaru.

Sebagai contoh, Italia menghadapi prediksi akhir pekan bersejarah dengan kementerian kesehatan mengeluarkan peringatan merah untuk 16 kota termasuk Roma, Bologna, dan Florence.

Dikutip dari Agence France-Presse (AFP), pusat meteorologi memperingatkan warga Italia untuk bersiap menghadapi "gelombang panas paling intens di musim panas dan juga salah satu yang paling intens sepanjang masa".

Termometer bisa mencapai 40 derajat Celcius di Roma pada Senin (17/7) dan bahkan 43 Celcius pada Selasa, memecahkan rekor 40,5 Celcius pada Agustus 2007.

Badan Antariksa Eropa memperingatkan Pulau Sisilia dan Sardinia bisa terpanggang di bawah suhu setinggi 48 Celcius. "Berpotensi suhu terpanas yang pernah tercatat di Eropa," ujarnya. "Sebagian negara dapat mengalami suhu tertinggi hingga 44 Celcius pada Sabtu," kata layanan cuaca nasional Yunani.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top