Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Vaksin Covid-19

FDA Izinkan Penggunaan Pfizer bagi Remaja

Foto : fda.gov

Komisaris FDA, Janet Woodcock

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) pada Senin (10/5) mengesahkan penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

"(Momentum) ini adalah perkembangan yang menjanjikan dalam perjuangan kita dalam melawan virus," kata Presiden Joe Biden. "Jika Anda adalah orang tua yang ingin melindungi anak Anda atau ada remaja yang tertarik untuk divaksinasi, keputusan hari ini selangkah lebih dekat ke tujuan itu," imbuh Presiden AS itu.

FDA sebelumnya memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer-BioNTech kepada individu berusia 16 tahun ke atas.

"Memiliki vaksin yang disahkan untuk populasi yang lebih muda merupakan langkah penting untuk terus mengurangi beban kesehatan masyarakat yang sangat besar yang disebabkan oleh pandemi Covid-19," komentar Peter Marks, direktur Center for Biologics Evaluation and Research yang bernaung dibawah FDA.

FDA mengatakan saat ini ada sekitar 1,5 juta kasus Covid-19 pada individu berusia 11 hingga 17 tahun telah dilaporkan ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) antara 1 Maret 2020 dan 30 April 2021.

Gejala penyakit ini umumnya lebih ringan diderita pada anak-anak, tetapi mereka dapat menularkannya kepada orang dewasa yang lebih tua dan lebih rentan.

Perluasan Vaksinasi

Sebelumnya pada Maret lalu, Pfizer dan mitranya BioNTech mengatakan bahwa rejimen vaksin dua dosis mereka terbukti aman dan sangat efektif dalam percobaan terhadap 2.260 anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Presiden Biden pekan lalu menekankan pentingnya memperluas vaksinasi untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun dan mengatakan pihak berwenang siap untuk segera bergerak begitu otorisasi diberikan.

"Sekitar 20.000 apotek di seluruh negeri siap untuk mulai memvaksinasi kaum remaja," kata Biden. "Dosis vaksin Pfizer-BioNTech juga akan dikirim ke para dokter anak," imbuh dia.

Vaksin Covid-19 dari Moderna dan Johnson & Johnson juga telah menerima otorisasi penggunaan darurat dari FDA tetapi hanya untuk individu yang berusia di atas 18 tahun.

Pejabat komisaris FDA Janet Woodcock menggambarkan langkah otorisasiyang diberikan FDA pada Pfizer-BioNTech pada Senin sebagai langkah yang signifikan dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Putusan yang dikeluarkan FDA hari ini memungkinkan populasi yang lebih muda dilindungi dari Covid-19, membawa kita lebih dekat untuk kembali ke situasi normal dan mengakhiri pandemi," kata Woodcock dalam sebuah pernyataan.

"Orang tua dan wali harus yakin bahwa FDA melakukan peninjauan yang cermat dan menyeluruh terhadap semua data yang tersedia, seperti yang kami lakukan dengan setiap otorisasi penggunaan darurat vaksin Covid-19," pungkas dia. SB/AFP/I-1

(AFP/SB/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top