Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Euro 2020, Swiss dan Wales Berbagi Angka 1-1

Foto : Antara
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Tim nasional Wales dan Swiss mengawali kiprah mereka di Grup A Euro 2020 dengan berbagi satu poin seusai bermain imbang 1-1 di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Sabtu.

Gol keenam Breel Embolo untuk Swiss di laga resmi internasional lebih dulu membawa Swiss memimpin, tetapi Wales membalas melalui Kiefer Moore untuk mengamankan satu poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Ini merupakan pertemuan pertama kedua tim di sebuah turnamen internasional, dan Wales tampak mengawali pertandingan dengan relatif bagus ketika nyaris memimpin pada menit ke-15.

Daniel James mengirimkan umpan silang yang bisa disambut sundulan tajam Moore, tetapi kiper Yann Sommer mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan tangan kanannya untuk menepis bola ke atas mistar gawang.

Lima menit berselang, giliran kiper Danny Ward yang unjuk kebolehan menyelamatkan gawang Swiss, ketika ia mampu menghalau sontekan jarak dekat Fabian Schaar dalam situasi sepak pojok menggunakan kakinya.

Sejak itu Swiss mampu mengambil kendali permainan, namun sayang dua peluang bagus gagal dimanfaatkan Haris Seferovic sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Empat menit memasuki babak kedua, Embolo memecahkan kebuntuan untuk membawa Swiss memimpin atas Wales.

Setelah peluang awalnya bisa dimentahkan oleh Ward, Embolo mampu mengalahkan Connor Roberts dalam duel menyambut bola udara hasil sepak pojok kiriman Xherdan Shaqiri.

Swiss nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-52, jika saja Kevin Mbabu bisa melepaskan penyelesaian yang lebih baik setelah disodori umpan bagus oleh Embolo di area kanan kotak penalti.

Tim besutan Vladimir Petkovicitu terus mengendalikan keadaan dan kembali menciptakan kesempatan pada menit ke-65, sayang tembakan melengkung Embolo masih melenceng di sisi gawang.

Semenit sesudahnya, Petkovic yang merasa sudah punya keunggulan nyaman melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Shaqiridan digantikan oleh Denis Zakaria.

Pergantian pemain itu seolah membuat Wales jadi lebih leluasa mengendalikan permainan dan hasilnya pada menit ke-74 Moore mampu menyamakan kedudukan lewat golnya dalam situasi sepak pojok.

Sepak pojok dilakukan pendek oleh Daniel James yang diteruskan oleh Joe Allen ke Joseff Morrell yang lantas mengirimnya jadi umpan silang ke dalam kotak penalti, di mana Moore relatif tanpa kawalan untuk menanduknya ke area tiang jauh demi membuat skor 1-1.

Swiss berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan Mario Gavravonic menggantikan Seferovic pada menit ke-84 dan baru semenit di lapangan penyerang Dinamo Zagreb itu langsung bisa menjebol gawang Wales.

Sayangnya, sorak sorai pendukung Swiss di Baku harus berakhir ketika wasit Clement Turpin dan VAR menganulir gol itu karena Gavranovic memang jelas berada dalam posisi offside.

Periode akhir laga diwarnai dua penyelamatan gemilang dari Ward atas sundulan Embolo dan sepakan Gavranovic demi memaksa pertandingan tetap berakhir imbang 1-1.

Di pertandingan selanjutnya pada Rabu (16/6), Wales masih akan tetap main di Baku menghadapi Turki, sedangkan Swiss harus terbang ke Roma melawan tuan rumah Italia.

Sebelumnya Santu (12/6) dini hari, di pertandingan perdana Grup A yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, tuan rumah Italia menundukkan Turki 3-0.




Redaktur : MSS
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top