Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Keamanan Pelayaran

Eksportir Jajaki Kargo Udara akibat Kerawanan di Laut Merah

Foto : ANDREJ IVANOV / AFP

Petugas memuat kargo ke dalam pesawat, beberapa waktu lalu. Eksportir global berupaya mencari alternatif jalur udara, darat, dan laut untuk mengirim berbagai komoditas seiring kerawanan di Laut Merah.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Para eksportir global baru-baru ini dilaporkan berupaya mencari alternatif jalur udara, darat, dan laut untuk mengirim berbagai komoditas perdagangan mulai dari mainan, pakaian, teh, hingga suku cadang mobil ke tujuan, seiring dengan kekacauan rantai pasokan barang di Laut Merah.

Dikutip dari The Straits Times, kelompok militan Houthi yang didukung Iran di Yaman telah meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah sejak 19 November, untuk menunjukkan dukungan kepada Hamas selama serangan militer Israel di Gaza.

Serangan tersebut telah mengganggu jalur perdagangan utama yang menghubungkan Eropa dan Amerika Utara dengan Asia melalui Terusan Suez. Biaya pengiriman peti kemas telah melonjak, bahkan lebih dari tiga kali lipat dalam beberapa kasus, karena perusahaan berusaha memindahkan barang melalui rute laut lain, yang sering kali lebih panjang.

"Jika terjadi gangguan yang berkepanjangan, sektor barang konsumen yang memasok pengecer terkemuka dunia seperti Walmart dan IKEA akan menghadapi dampak terbesar," kata perusahaan analisis dan informasi keuangan S&P Global dalam sebuah laporan.

Hadapi Gangguan
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top