Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Eks PM Malaysia Terancam Pailit

Foto : Istimewa

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak

A   A   A   Pengaturan Font

KUALA LUMPUR - Mantan Perdana Menteri Malaysia yang sedang dirundung skandal yaitu Najib Razak, terancam pailit setelah diduga gagal membayar pajak lebih dari 400 juta dollar AS. Jika ternyata Najib benar-benar bangkrut, maka hal ini bisa mengakhiri karier politiknya karena ia akan kehilangan kursi di parlemen dan dilarang mencalonkan diri dalam pemilu.

"Kantor pajak telah mengeluarkan surat pemberitahuan yang menuntut saya untuk segera menyelesaikan tagihan ditambah biaya tambahan. Jika tidak, mereka akan mengumumkan kebangkrutan," ucap Najib pada Selasa (6/4) malam.

Tahun lalu, pengadilan memerintahkan Najib, yang tetap bebas dengan jaminan dan masih menjadi anggota parlemen, untuk membayar pajak terhutang antara 2011 dan 2017 sebesar 1,69 miliar ringgit (409 juta dollar AS). Najib, 67 tahun, bersikeras bahwa dia selalu membayar pajak dan menyatakan ancaman kepailitan oleh institusi pajak bermotif politik.

Dugaan kepailitan Najib itu muncul ketika berbagai faksi berjuang untuk menguasai partai Najib yaitu United Malays National Organisation (UMNO). Najib kehilangan kekuasaan pada 2018 saat UMNO yang telah berkuasa selama enam dekade, dikalahkan dalam pemilihan setelah dia terlibat dalam skandal penilepan miliaran dollar uang milik 1Malaysia Development Berhad (1MDB).SB/AFP/I-1



(SB/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top