Nasional Mondial Ekonomi Daerah Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Ekonomi Jepang Menurun

Foto : AFP/KAZUHIRO NOGI

HADAPI PENURUNAN - Menteri Perekonomian Jepang, Yasutoshi Nishimura, saat berada di Tokyo beberapa waktu lalu. Pada Senin (8/6), Menteri Nishimura mengatakan bahwa Jepang sedang bersiap menghadapi penurunan perekonomian akibat dampak virus korona.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Perekonomian Jepang akan mengalami penurunan paling parah pasca Perang Dunia II walau penurunannya pada kuartal pertama tak separah yang diduga. Penurunan akibat dampak virus korona itu telah menghambat pertumbuhan global yang juga menghantam sektor bisnis dan konsumsi di Jepang.

"Jepang akan fokus untuk menghentikan penurunan bisnis, namun kita saat ini belum saatnya menstimulasi konsumsi dan meminta warga untuk melancong. Upaya untuk menstimulasi konsumsi harus ditunda sebentar," kata Menteri Perekonomian Jepang, Yasutoshi Nishimura, pada Senin (8/6).

Menteri Nishimura meminta bank membantu rakyat setelah peminjaman mengalami lonjakan demi menyelamatkan bisnis yang penjualannya melorot. Perekonomian pada Januari-Maret mengalami penurunan kurang dari 3,4 persen. Data terkini pun menunjukkan ekspor, output pabrik dan lapangan pekerjaan menghadapi penurunan setelah PM Abe mengumumkan keadaan darurat yang meminta agar warga tetap tinggal di rumah dan menutup bisnis pada kuartal sebelumnya.

SB/CNA/AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S, AFP

Komentar

Komentar
()

Top