Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Efek Samping yang Mengejutkan dari Makan Pisang

Efek Samping yang Mengejutkan dari Makan Pisang
Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pisang dikenal membawa berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh (terutama peningkatan kalium), namun ini bukan satu-satunya efek samping yang mengejutkan yang ditemui saat makan pisang.

Faktanya, makan pisang sebenarnya dapat memberi tubuh molekul tertentu, yang akan membantu pencernaan dan membuat merasa kenyang dengan pati resisten.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki pati resisten dalam makanan, dan untuk tips yang lebih sehat.

Melansir laman eatthis, pati resisten merupakan penghambat karbohidrat. Dapat menurunkan gula darah setelah makan, mencerna bakteri baik di mikrobioma usus, dan mengurangi berat badan dengan memperlambat pencernaan, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Pati resisten bisa kategorikan sebagai karbohidrat rendah yang dapat dicerna, ini adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna sepenuhnya. Lainnya termasuk serat dan alcohol gula.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa, karena kurangnya daya serap, makanan dengan kandungan pati resisten tinggi hanya mengandung setengah kalori dari makanan pati tradisional.

Pati resisten dapat berfungsi seperti serat. Pati ini mendapatkan namanya karena benar-benar "menahan" pencernaan melalui dinding luarnya yang keras. Resistensi terhadap pencernaan ini memainkan peran penting dalam nafsu makan dan memiliki efek hilir pada nafsu makan dan gula darah.

"Pati resisten tidak akan dicerna dan akan melewati saluran gastrointestinal secara konstan, di mana ia bertindak sebagai serat prebiotik dan larut." kata Kate Gerweck dari MS, RD, LD

Kate Gerweck mengatakan hubungan antara pati resisten dalam pisang dan kesehatan usus telah dipelajari, dan telah terbukti secara signifikan meningkatkan kualitas feses, mengurangi laporan tinja yang nyeri, pecah atau keras, meningkatkan frekuensi buang air besar, dan mengurangi pengobatan.

Umumnya, metode rebus-dan-dingin membantu menghasilkan pati resisten yang bermanfaat. Misalnya, kentang yang dimasak tidak akan menghasilkan pati resisten.

Namun, menyimpan kentang dengan aman di lemari es semalaman, pemasakan dan pendinginan akan membentuk pati resisten. Hal unik tentang pisang adalah mereka bisa mendapatkan manfaat pati resistennya tanpa dimasak.

Pisang itu unik karena harus dimakan saat masih hijau untuk mendapatkan manfaat dari kandungan pati resistennya. Pisang hijau meninggalkan rasa residu berkapur ini adalah sisa rasa pati resisten. Saat pisang menjadi lebih kuning atau muncul bintik-bintik coklat, kandungan pati-nya menurun dan diganti dengan gula.

Pisang coklat terkenal membuat roti pisang yang enak karena alasan ini. Meskipun mungkin cocok untuk sebagian dari kita untuk makan pisang hijau polos, kita dapat dengan mudah menutupi rasa kapur dengan memasukkannya ke dalam smoothie.

Para peneliti menemukan bahwa tiga proses utama dipengaruhi secara positif oleh pati resisten. Yang pertama adalah kontrol gula darah dan resistensi insulin.

Kelly Schmidt dari RD mengatakan pati resisten adalah komponen diet gula darah yang diremehkan. Pati resisten harus ditekankan karena manfaatnya tidak hanya penting untuk kesehatan usus, tetapi juga sensitivitas insulin untuk kesehatan usus.

Karena sekitar setengah dari karbohidrat dalam pati resisten tidak dicerna, mereka tidak akan pernah masuk ke dalam darah untuk meningkatkan gula darah. Jika didiagnosis menderita diabetes atau resistansi insulin, memasukkan molekul ajaib ini ke dalam makanan dapat bermanfaat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan harian hingga 40 gram pati resisten dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien dengan sindrom metabolic.

Bidang penelitian pati resisten kedua yang muncul meliputi dampaknya pada mikrobioma usus. Empat triliun pasukan bakteri ini hidup di saluran pencernaan, yang menunjukkan banyak kesehatan metabolik, termasuk penurunan berat badan, sinyal lapar, dan keinginan mengidam.

Cara terbaik untuk membangun mikrobioma usus yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan keragaman bakteri usus yang sehat. Ini disebut makanan prebiotik.

Prebiotik dapat memberi makan serangga baik di usus dan membantunya tumbuh seiring waktu, jadi ada lebih dari yang buruk. Keseimbangan ini dapat dicapai dengan menambahkan makanan yang kaya akan pati resisten.

Lacy Ngo dari RD MS mengatakan pati resisten dalam pisang bersifat prebiotik, yang artinya dapat memberi makan bakteri baik. Perbaikan keseimbangan bakteri usus terkait dengan peningkatan kadar gula darah.

Cara ketiga yang memberikan kontribusi pati resisten terhadap kesehatan adalah dengan mengontrol nafsu makan. Karena pati ini menahan pencernaan, ia juga memperlambat laju pengosongan lambung. Ini akan memperpanjang rasa lapar kita beberapa jam setelah kita makan makanan atau camilan yang kaya pati resisten.

Memilih makanan yang perlu dicerna untuk waktu yang lama dapat membuat kita kenyang selama berjam-jam dan membantu kita membuat pilihan yang lebih baik untuk makanan berikutnya dan secara keseluruhan, sehingga mengurangi total asupan kalori harian kita.
Jadi, secara keseluruhan, makan makanan tinggi pati resisten dapat membuat kita kenyang lebih lama, sementara karbohidrat lain mengonsumsi hingga setengah dari konsumsi kalori, dan dapat mengurangi total konsumsi kalori kita dalam sehari. arn

(arn/arisn)
Redaktur : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top