Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Dygert Rebut Gelar Dunia "Time Trial"

Foto : Adrian DENNIS / AFP

Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI I Pembalap AS, Chloe Dygert ambil bagian dalam Individual Time Trial putri di Stirling selama Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI di Skotlandia, Jumat (11/8).

A   A   A   Pengaturan Font

GLASGOW - Tiga tahun setelah kecelakaan mengerikan yang hampir mengakhiri kariernya, pembalap Amerika Serikat, Chloe Dygert, memenangkan nomor time trial putri di kejuaraan dunia balap sepeda, Jumat (11/8). Dygert merebut juara dunia tahun 2019, tapi kecelakaan yang terjadi saat mempertahankan gelar di kejuaraan dunia balap sepeda 2020 di Imola, Italia, membuatnya kariernya hampir berakhir.

Dia harus menjalani operasi di kakinya. Setelah dua kali operasi, kaki kirinya sekarang lebih pendek 3 cm. Pekan lalu, Dygert kembali menunjukkan penampilan terbaiknya. Dia memenangkan medali emas nomor individual pursuit di Velodrome Glasgow dan lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. Dia melakukan putaran kemenangan di trek sambil memegang bendera Amerika Serikat.

"Saya menghabiskan empat hari terakhir berdoa kepada Tuhan agar baik-baik saja," ujarnya setelah meraih kemenangan. Jika balapan berlangsung kemarin, dia tidak yakin akan memulainya. Dygert juga menjalani operasi jantung dan mengatasi serangan virus Epstein Barr.

Dia merebut medali emas dengan unggul gelar lima detik di depan Grace Brown asal Australia dengan Christina Schweinberger dari Austria di urutan ketiga, terpaut 1 menit 12 detik. Dengan catatan waktu 46 menit 59 detik di jalur sepanjang 36,2 km yang melintasi tanjakan curam ke Kastil Stirling yang megah, Dygert melesat merebut kemenangan.

Dia nyaris tak tersaingi oleh pembalap lain, hanya Brown yang mampu mendekatinya. "Gelar ini benar-benar istimewa," ujar pembalap berusia 26 tahun itu. Bukan hanya untuk dia, tapi buat semua orang di belakangnya seperti tim. Marlen Reusser yang difavoritkan menjadi pemenang meninggalkan balapan sambil menangis di tengah jalan, sedangkan juara 2022 Ellen van Dijk absen karena kehamilannya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Benny Mudesta Putra, AFP

Komentar

Komentar
()

Top