Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kinerja Perseroan - Presiden Minta Pertamina Lakukan Eksplorasi Besar

Dividen Pertamina Rp8,57 Triliun

Foto : ISTIMEWA

Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

A   A   A   Pengaturan Font

Selama 2017, profil keuangan Pertamina dipengaruhi tren kenaikan harga minyak mentah dan pelemahan kurs rupiah terhadap dollar AS.

JAKARTA JAKARTA - PT Pertamina (Persero) siap bagikan dividen sebesar 8,57 triliun rupiah untuk tahun buku 2017. Pertamina juga membukukan pendapatan 2017 yang telah diaudit naik 18 persen menjadi 42,96 miliar dollar AS, dibandingkan pendapatan audit 2016 36,49 miliar dollar AS.

Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan pertumbuhan pendapatan dipicu oleh naiknya penjualan minyak mentah dan produk baik di dalam negeri maupun ekspor. Apalagi tahun 2017 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi Pertamina. Profil keuangan Perseroan masih dipengaruhi oleh tren kenaikan harga minyak mentah dan pelemahan kurs rupiah terhadap dollar.

"Sepanjang 2017, perusahaan tetap berupaya menjaga kinerja keuangan yang positif meskipun terdampak oleh dinamika harga minyak dunia. Kami fokus menjalankan komitmen proyek strategis dan meningkatkan efisiensi di segala lini, sehingga Pertamina tetap dapat mencatatkan kenaikan pendapatan perseroan," ungkap Nicke, di Jakarta, Rabu (2/5).

Adapun sepanjang 2017, realisasi rata-rata harga minyak ICP mencapai 51,17 dollar AS per barel. Asumsi ICP berdasarkan Rencana Kerja Perseroan 2017 adalah 48 dollar AS per barel. Secara umum, lanjut Nicke menambahkan, kinerja operasional Perseroan juga membukukan pertumbuhan dengan naiknya produksi migas sekitar 7 persen, dari 650 MBOEPD (ribu barel minyak ekuivalen per hari) pada 2016 menjadi 693 MBOEPD pada 2017.

Pertumbuhan hulu migas ini dipengaruhi oleh produksi dari Banyu Urip dan naiknya produksi ladang luar negeri Pertamina. "Tahun 2017 telah dilalui dengan cukup baik. Tahunini akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi Pertamina. Sebagai BUMN migas, Pertamina akan menjalankan perannya dalam distribusi BBM, menjaga availability, affordability dan accessibility ke seluruh masyarakat Indonesia," tutup Nicke.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Antara, Yuni Rahmi

Komentar

Komentar
()

Top