Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Derbi Basque di Final Copa del Rey

Foto : Pablo GARCIA / RFEF / AFP
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID - Athletic Bilbao akan memainkan laga pertama dari dua final Copa del Rey dalam dua pekan. Laga final pertama yang harus dijalani Bilbao adalah pertandingan yang ditunggu-tunggu kontra rival sesama klub asal Basque, Real Sociedad, yang akhirnya digelar di Seville, Sabtu (3/4).
Pertandingan final Copa del Rey musim 2019-2020 seharusnya dimainkan pada 18 April tahun lalu. Namun, harus ditunda karena pandemi virus korona. Tanggal dijadwalkan ulang dengan harapan pada akhirnya bisa dilanjutkan di depan penonton mengingat betapa istimewanya pertandingan itu bagi pendukung kedua belah pihak.
Setahun kemudian, para suporter masih tidak diizinkan kembali ke stadion di Spanyol. Tapi pertandingan tidak dapat ditunda lebih lama lagi karena final edisi musim ini akan dimainkan pada 17 April, juga di La Cartuja, Seville.
Athletic akan berada di final musim ini. Mereka berhadapan dengan Barcelona. Jadi, 37 tahun sejak terakhir kali meraih kemenangan pada Copa del Rey, Bilbao yang telah mengoleksi 23 trofi, bisa memenangkannya dua kali dalam 15 hari.
Mereka juga bisa memenangkannya dan menyerahkan kembali trofi dua pekan kemudian atau mereka bisa mengalami penderitaan karena kalah dua laga final secara berurutan.
Athletic telah menjadi peserta tetap di final Copa del Rey baru-baru ini, kalah tiga kali dari Barcelona pada partai puncak dalam 12 tahun terakhir. Mereka juga kalah di final Liga Europa dari Atletico Madrid pada 2012.
Mereka belum pernah memenangkan Copa del Rey sejak 1984, ketika mengalahkan Barca di final yang diabadikan oleh perkelahian massal di mana Diego Maradona tampil menonjol.
Sociedad hanya memenangkan Copa del Rey dua kali, terakhir di bawah John Toshack pada tahun 1987. Ini adalah final pertama mereka sejak 1988.
"Saya punya tato Piala Super dan saya menyisakan ruang di sebelahnya untuk trofi Copa del Rey," ujar pemain Bilbao Inaki Williams yang mencetak gol ke gawang Barcelona untuk mengamankan trofi Piala Super. ben/AFP/S-2



(ben/S-2)
Redaktur : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top