Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Jaringan Teroris

Densus Cari Komplotan Agus Wiguna

Foto : ANTARA/Agus Bebeng

Barang Bukti - Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan perihal barang bukti hasil penggeledahan di salah satu rumah kontrakan yang didiami terduga teroris berinisial AA di Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Densus 88 Anti Teror Mabes Polri terus mencari keberadaan komplotan Agus Wiguna, pelaku perakit bom panci, yang bomnya meledak sendiri di rumah kontrakkan Agus di Kawasan Kubang Beureum No.35, RT 07 RW 011, Sekejati, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, Sabtu malam lalu. Agus diketahui, pada awalnya adalah pelaku berkategori lone wolf namun dalam perjalanan waktu bertemu dengan kawankawan yang sepemikiran dan seradikal dengan dirinya.

Hal tersebut diungkapkan Karo Penmas Polri Brigjen Pol Rikwanto saat ditemui dalam acara diskusi "Teroris Menyasar Polisi" di Jakarta, Rabu (12/7). Menurut Rikwanto, Densus menangkap satu lagi kaki tangan Agus di salah satu tempat di Jawa Barat. "Mereka yangditangkap ini terkait karena pernah bertemu dan bersama sama dengan Agus Wiguna dan kelompoknya melakukan Idah dan berafiliasi dengan JAD (Jamaah Ansharut Daulah)," kataRikwanto.

Setelah bertemu dengan kawan-kawannya yang sepemikiran, mereka mengarahkan Agus untuk membuat bom dan membantu merakit bom. "Tadinya kita menduga Agus ini adalah lone wolf dan menemukan teman yang membimbing dia untuk membuat bom. Ternyata ada temannya yang mengisyaratkan dia untuk mengebom Braga," kata Rikwanto.

Saat ini Densus terus mencari siapa kelompok tersebut dan diharapkan dapat cepat tertangkap. Sebelumnya, Densus menangkap dua orang kaki tangan Agus, yang diduga masuk dalam kelompok kecil JAD. Densus menangkap Kodar, 26 dan A, 25, pada Selasa (11/7) lalu, setelah sebelumnya mendapat informasi keduanya dari Agus.

Kodar ditangkap di Kabupaten Tasikmalaya, sedangkan A ditangkap di suatu tempat di Bandung. Dari kelompok kecil inilah, Agus lalu merencanakan ledakan bom di tiga tempat, di antaranya gereja di Buah batu, rumah makan di Astana Anyar, dan kafe di Jalan Braga. Ketiganya memiliki keterkaitan dengan rencana tersebut.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top