Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Demi Peradilan Berkeadilan, Menkopolhukam Dorong KY Optimalkan Pengawasan Hakim

Foto : antarafoto

MenkoPolhukam

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mendorong Komisi Yudisial (KY) mengoptimalkan tugas dalam mengawasi para hakim untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan.

"Saya tahu ada usaha-usaha yang sudah keras dilakukan oleh Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. Ini kami hargai, tapi sekarang ini perlu disadari bahwa usaha yang optimal lagi diperlukan KY," kata Mahfud saat menjadi pembicara kunci dalam seminar "Penguatan Peran Komisi Yudisial dalam Menjaga dan Menegakkan Kehormatan, Keluhuran Martabat, dan Perilaku Hakim" di Auditorium Komisi Yudisial, Jakarta, Rabu (24/8).

Pengawasan KY terhadap para hakim, menurut Mahfud, saat ini belum tampak optimal karena masih banyak hakim melakukan "kenakalan" atau menyelewengkan kewenangan dalam menegakkan keadilan, sehingga ditangkap oleh aparat penegak hukum.

"Sekarang ini, lebih banyak hakim yang ditangkap. Artinya, reformasi konstitusi, adanya Komisi Yudisial itu juga tidak optimal di dalam menangkal kenakalan para hakim," tambahnya.

Selanjutnya, dalam seminar yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-17 KY itu, Mahfud mengingatkan agar KY memastikan kondisi internal kelembagaan tersebut menjadi solid, berintegritas, jujur, transparan, dan tidak tercela.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top