Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Cegah Kelaparan, Kementan dan Bapanas Diminta Siapkan Varietas Umbi Tahan Cuaca Ekstrem

Foto : ANTARA/HO-Kemenko PMK

Menko PMK Muhadjir Effendy.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Cegah kelaparan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Pertanian dan Badan Pangan Nasional untuk menyiapkan varietas umbi yang tahan cuaca ekstrem.

"Nanti saya koordinasi dengan beliau (Mentan Andi Amran Sulaiman)," ujar dia di Jakarta, Rabu.

Penyiapan varietas umbi khusus tersebut untuk mengatasi kelangkaan pangan di dua provinsi di Papua. Dalam waktu-waktu tertentu masyarakat kerap gagal panen akibat umbi yang mereka tanam membusuk.

Busuknya umbi tersebut diakibatkan cuaca ekstrem berupa embun salju. Kasus ini terjadi di sejumlah distrik di Kabupaten Puncak dan Kabupaten Yahukimo. Apabila masyarakat terpaksa memakan umbi busuk, dikhawatirkan terkena diare dan bakal berbahaya bagi tubuh.

Penyediaan varietas umbi khusus ini akan menjadi solusi jangka panjang pemerintah dalam mengatasi bencana kelaparan. Dengan demikian, masyarakat di daerah itu tidak perlu menunggu bantuan dari luar daerah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top