Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Politik Filipina

Bongbong dan Pacquiao Adu Pendapat soal Sengketa LTS

Foto : AFP/Ted ALJIBE

Pacquiao berkampanye l Manny Pacquiao, kandidat presiden, berbicara selama kampanye menjelang pemilihan presiden 9 Mei, di pinggiran kota Manila, Rabu (16/2).

A   A   A   Pengaturan Font

MANILA - Kandidat presiden Filipina, Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr, dalam sesi debat kampanye pertama yang disiarkan televisi, dengan hanya empat dari 10 kandidat yang ambil bagian, melontarkan gagasan untuk mengerahkan kapal angkatan laut atau kapal penjaga pantai di jalur perairan strategis yang disengketakan untuk memungkinkan para nelayan menangkap ikan dengan bebas.

"Saya ingin negara kita memiliki kehadiran militer di Laut Tiongkok Selatan (LTS), bukan untuk 'menembaki kapal' tetapi untuk mempertahankan perairannya dalam perselisihan yang sudah berlangsung lama antara Filipina dan Tiongkok," ucap Bongbong Marcos, 64 tahun.

Bongbong Marcos pun mengatakan dia tidak akan memprioritaskan resolusi militer untuk sengketa LTS dan akan melanjutkan pendekatan yang benar untuk mengejar kebijakan yang turut melibatkan Tiongkok.

"Alasan mengapa saya berbicara tentang menempatkan kehadiran militer di sana adalah agar pemerintah hadir di sana untuk menunjukkan kepada Tiongkok bahwa kami mempertahankan apa yang kami anggap perairan teritorial kami," kata Bongbong Marcos.


Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top