Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Bhutan, Satu-Satunya Negara yang Bebas Emisi

Foto : istimewa

Gerakan menanam pohon untuk merayakan kelahiran putera mahkota Kerajaan Bhutan pada Maret lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

Semua negara di dunia menghasilkan emisi karbon. Semua negara di dunia juga berniat untuk mengurangi jejak karbon mereka.
Namun bagi Bhutan, itu sudah bukan jadi masalah lagi karena negara kerajaan kecil yang terletak di antara India dan Tiongkok itu telah dinobatkan sebagai negara pertama yang jejak karbonnya negatif sejak beberapa tahun lalu.
Menjadi negara dengan jejak karbon negatif sendiri berarti Bhutan telah menyerap lebih banyak karbon dioksida ketimbang membuang. Secara spesifik, tiap tahun Bhutan menghasilkan emisi kurang dari 2,5 juta ton karbon dioksida sedangkan hutan mereka berhasil menyerap 6 juta ton karbon dioksida.
Hal ini bisa terjadi karena Bhutan menerapkan aturan perlindungan lingkungan yang sangat ketat. Luas negara ini hanya sekira 38.395 kilometer persegi dengan jumlah populasinya diperkirakan hampir 800.000 jiwa. Sekitar 72 persen wilayah negara ini masih dipenuhi hutan dan pihak pemerintah menjamin setidaknya 60 persen wilayah mereka akan tetap dipertahankan berisi hutan alami.
Bhutan memang terkenal sebagai negara yang sangat bahagia dan ramah lingkungan. Berkat capaiannya dalam isu iklim, negara ini pun kini jadi buah bibir.
Pada Juni 2015 lalu mereka membuat rekor dunia dengan memberdayakan 100 sukarelawan untuk menanam 49.672 pohon selama satu jam. Bulan Maret lalu saat putera mahkota mereka lahir, Bhutan juga merayakan dengan aktivitas yang sangat ramah lingkungan dengan menanam 82.000 pohon untuk calon penerus tahta kerajaan tersebut. NatGeo/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top