Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
PREDIKSI RUPIAH

Berpotensi Menuju Rp14.700

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Penguatan rupiah terhadap dollar AS diperkirakan bersifat terbatas sehingga berpotensi melemah dalam jangka waktu pendek. Ancaman keluarnya arus modal asing dari pasar keuangan menjadi sentimen negatifnya.

"Saat ini pelaku pasar terfokus pada depresiasi rupiah yang berpotensi menuju 14.700 rupiah. Momentum Lebaran pada 2021 dinilai masih belum dapat mengembalikan kepercayaan diri pelaku pasar terhadap pemulihan daya beli masyarakat. Namun kami melihat momentum Lebaran tahun ini dapat lebih baik daripada 2020," kata analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardhiastama di Jakarta, Senin (5/4).

Pemulihan ekonomi di negara-negara maju Asia, lanjut Okie, dinilai juga memberikan alternatif investasi lain bagi investor sehingga saat ini tekanan terhadap aliran modal keluar masih dapat terjadi.

Sebelumnya, kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ditutup menguat di tengah stabilnya imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS). Rupiah ditutup menguat 10 poin atau 0,07 persen dari Kamis (1/4), menjadi 14.515 rupiah per dollar AS.

"Rupiah kemungkinan terbantu sentimen stabilnya yield US treasury dan indeks dollar. Sementara itu inflasi pada Maret yang cukup rendah sebesar 1,37 persen (yoy) lebih rendah dibandingkan Februari 1,38 persen (yoy) menunjukkan masih belum benar-benar pulihnya ekonomi Indonesia di triwulan pertama dan kemungkinan membatasi impor" kata analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dalam kajiannya di Jakarta, Senin (5/4).



(Ant/E-10)
Redaktur : Muchamad Ismail

Komentar

Komentar
()

Top