Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Tim Nasional Swedia

Berjuang Tanpa Ibra

Foto : Jonathan NACKSTRAND / AFP

Tim Nasional Swedia

A   A   A   Pengaturan Font

SWEDIAbakal bertanding di Piala Eropa 2020 tanpa penyerang paling produktif sepanjang masa Zlatan Ibrahimovic. Tim skuad asuhan Janne Andersson harus segera cari pemain pengganti untuk menjaga ketajaman di lini depan.

Ibrahimovic telah menjadi pemain andalan Swedia dalam beberapa tahun terakhir. Dia merupakan penyerang tersubur Swedia dengan torehan 62 gol dari 112 caps sejak debutnya pada 2001. Sayang, pemain berusia 39 tahun dibekap cedera lutut saat memperkuat AC Milan sehingga memaksanya absen selama sebulan ke depan.

Swedia lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 sebagai runner up Grup F tanpa bergantung pada Ibrahimovic. Dalam sepuluh laga di babak kualifikasi, tim asuhan Janne Andersson cuma satu kali kalah. Mereka sukses mencetak 23 gol dan cuma kebobolan sembilan kali.

Tim berjuluk Blagult, yang dalam bahasa setempat berarti Biru-Kuning, mulai lepas dari ketergantungan pada Ibrahimovic. Nama-nama seperti Alexander Isak (Real Socidad) dan Robin Quaison (Mainz) mulai menunjukan ketajaman. Quaison bahkan mencetak lima gol selama babak kualifikasi. Timnas Swedia juga diperkuat sejumlah pemain bintang seperti gelandang Dejan Kulusevski (Juventus) dan Victor Lindelof (Manchester United).

Gabungan pemain muda dan bintang top Swedia akan berusaha mengantar Blagult melangkah jauh di Piala Eropa mengingat pencapaian terbaik mereka hanya di semifinal pada edisi 1992.

Talenta muda seperti Isak dan Kulusevski akan berusaha memastikan ketidakhadiran Ibrahimovic tidak terlalu terasa.

Kulusevski mengalami peningkatan pesat di Serie A bersama Juventus. Sementara Isak adalah bocah ajaib berusia 21 tahun lainnya dari Real Sociedad. Keduanya akan tampil pertama kali di Piala Eropa dengan kostum Swedia.

Setelah kembali ke tim nasional pada akhir Maret setelah hampir lima tahun absen, Ibrahimovic mengarahkan pandangannya untuk sekali lagi bermain di turnamen internasional.

Namun harapannya untuk kembali pupus pada pertengahan Mei ketika klubnya AC Milan mengumumkan bahwa dia mengalami cedera lutut kiri dan akan absen setidaknya selama enam pekan.

Simon Bank, kolumnis olahraga untuk surat kabar Aftonbladet, mengatakan kepada AFP bahwa Swedia memiliki pilihan lain di depan.

"Untuk sekali ini ada banyak alasan untuk bersemangat tentang para pemain penyerang. Dejan Kulusevski telah memantapkan dirinya di Juventus dan Alexander Isak telah mengambil langkah besar di La Liga," ujarnya.ben/AFP

Skuad Tim Nasional Swedia di euro 2020

Pelatih: Janne Andersson

Kiper: Karl-Johan Johnsson (København), Kristoffer Nordfeldt (Gençlerbirligi), Robin Olsen (Everton).

Bek: Ludwig Augustinsson (Werder Bremen), Pierre Bengtsson (Vejle), Marcus Danielson (Dalian Yifang), Andreas Granqvist (Helsingborg), Filip Helander (Rangers), Pontus Jansson (Brentford), Emil Krafth (Newcastle United), Victor Lindelöf (Manchester United), Mikael Lustig (AIK).

Gelandang: Jens-Lys Cajuste (Midtjylland), Viktor Claesson (Krasnodar), Albin Ekdal (Sampdoria), Emil Forsberg (Leipzig), Dejan Kulusevski (Juventus), Sebastian Larsson (AIK), Kristoffer Olsson (Krasnodar), Robin Quaison (Mainz), Ken Sema (Watford), Mattias Svanberg (Bologna), Gustav Svensson (Guangzhou).

Penyerang: Marcus Berg (Krasnodar), Alexander Isak (Real Sociedad), Jordan Larsson (Spartak Moskva).


Redaktur : MSS
Penulis : Benny Mudesta Putra

Komentar

Komentar
()

Top