Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Belum Dapat BLT Minyak Goreng? Simak Begini Cara Mudah Daftar Jadi Penerima BLT

Foto : Antara

Ilustrasi Pemberian Minyak Goreng.

A   A   A   Pengaturan Font

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng akan diberikan untuk keperluan tiga bulan kedepan, yakni April, Maret dan Mei 2022. Pos Indonesia nantinya menyalurkan BLT minyak goreng sebesar Rp 100.000 setiap bulannya dan akan diserahkan sekaligus pada April 2022, sehingga masyarakat yang memenuhi syarat akan mendapatkan BLT senilai Rp 300.000 pada bulan pertama.

Program ini akan menyasar 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdiri dari dua kelompok. Sebanyak 18,8 juta adalah KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Sementara 1,85 juga sisanya berasal dari KPM Program Keluarga Harapan (PHK) yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

Adapun untuk mendaftar menjadi penerima BLT minyak goreng, Anda harus termasuk dalam BPNT, peserta PKH, atau pedagang gorengan. Apabila memenuhi salah satunya, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan BLT minyak goreng dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos yang dipublikasi Kementerian Sosial (Kemensos).
  2. Pilih opsi 'Buat Akun Baru'.
  3. Isi kolom Nomor Kartu Keluarga, NIK, dan berswafoto dengan KTP.
  4. Lalu Kirim data.
  5. Setelah diverifikasi kemensos, Login dengan username dan password Anda.
  6. Pilih menu 'Daftar Usulan'
  7. Isi data diri.
  8. Pilih jenis bansos.
  9. Kemensos akan melakukan validasi dan verifikasi data.
  10. Setelahnya akan muncul pemberitahuan apakah Anda memenuhi persyaratan untuk mendapatkan BLT minyak goreng tua tidak.

Apabila terverifikasi sesuai dengan kriteria penerima BLT minyak goreng, Anda dapat langsung mengambil BLT tersebut ke kantor pos.Persyaratan yang harus dibawa ketika mengambil BLT minyak goreng di kantor Pos tergolong mudah.

Masyarakat yang memenuhi syarat atau terdaftar sebagai penerima bantuan di Kemensos cukup mendatangi kantor Pos terdekat dengan membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan Kartu keluarga (KK). Adapun program BLT minyak goreng telah mulai disalurkan sampai 21 April di seluruh Indonesia.


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Suliana

Komentar

Komentar
()

Top