Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Basket Putra Indonesia Dikalahkan Jepang 57-70

Foto : ANTARA/HO-Perbasi

Pemain Timnas Basket Putra Indonesia Yudha Saputera.

A   A   A   Pengaturan Font

Basket putra Indonesia kalah 57-70 dari Jepang

JAKARTA - Timnas basket putra Indonesia kalah 57-70 dari timnas basket putra Jepang pada pertandingan kedua Grup D cabang olahraga basket Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang berlangsung di Zhejiang University Zijingang Gymnasium, Kamis.

Indonesia kesulitan mengembangkan permainan pada awalkuarter pertama setelah tembakan tiga angka Keita Imamura dan tembakan dua angka Raita Akaho membawa Jepang unggul 5-0 pada kuarter awal.

Namun, pada setengah permainan kuarter pertama, Indonesia mampu menempel ketat Jepang dengan tembakan dua angka Yudha Saputrasehingga membuat skor menjadi 9-10. Jepang lalu menjauh ketika tembakan tiga angka Kazuki Hosokawa masuk ke ring dengan mulus.

Tim dari Negeri Matahari Terbit itu terus mendulang poin dan menjauhkan jarak hingga menutup skor kuarter pertama dengan keunggulan 21-15.

Pada kuarter kedua, Indonesia tampil lebih baik. Poin-poin yang dihasilkan Widyanta Putra Teja, Kelvin Sanjaya, Kaleb Ramot Gemilang, dan Vincent Rivaldi Kosasasih membuat tim Merah Putih menempel Jepang dengan skor 25-27 dan berlanjut menyamakan skor 27-27 ketika Yudha Saputra membuat tembakan dua angka.

Jepang kembali menjauh 32-27, tapi Indonesia kembali mengejar dan menyamakan skor menjadi 32-32 dengan waktu pada kuarter kedua tersisa dua menit.

Sayangnya, di sisa waktu itu Indonesia hanya membuat dua poin dan tim Jepang membuat lima poin sehingga menutup kuarter kedua dengan skor 34-38.

Indonesia yang berada di bawah asuhan pelatih Milos Pejic melanjutkan penampilan apik di kuarter ketiga di mana Merah Putih mengawali kuartertersebut dengan tembakan dua angka Vincent Rivaldi Kosasih dan membuat skor menjadi 36-38.

Indonesia terus mendulang poin sampai berbalik unggul 42-41 dengan empat menit waktu tersisa.

Jepang lalu membalikkan keadaan menjadi 43-42, tapi tembakan dua angka Hendrick Xavi Yonga membawa Indonesia kembali unggul 44-43. Masato Ichikawa memaksa Indonesia kembali tertinggal ketika tembakan tiga angkanya menemui ring dan mengubahskor 46-44 untuk Jepang.

Namun, lima detik kemudian, Hendrick Xavi Yonga kembali menunjukkan kelasnya karena dengan tembakan tiga poinnya ia membawa Indonesia kembali unggul 47-46.

Pertarungan sengit terjadi hingga akhir kuarter ketiga. Indonesia menutup kuarter ketiga dengan selisih dua poin, 50-52.

Indonesia gagal melanjutkan penampilan apik kuarter kedua dan ketiga untuk kuarter keempat. Tim Merah Putih tidak mampu mendulang poin pada lima menit awal. Sebaliknya, Jepang memukul dengan mencetak 10 poin dan membuat skor menjadi 62-50.

Indonesia baru melesatkan poin ketika kuarter keempat berjalan sekitar enam menit melalui free throw dari Muhamad Arighi Hadran Noor. Skor menjadi 51-62.

Indonesia terus kesulitan di sisa kuarter keempat. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jepang untuk menutup laga dengan skor 70-57.

Hazuki Hosokawa menjadi penyumbang poin terbanyak untuk Jepang dengan 17 poin, diikuti Masato Ichikawa dengan sembilan poin dan Takumi Saito dengan delapan poin.

Sementara itu, dari kubu Indonesia penyumbang poin terbanyak diraih oleh Yudha Saputra dengan 12 poin diikuti oleh Jerome Anthony Beane Jr dengan 10 poin dan Widyanta Putra Teja dengan sembilan poin.

Hasil ini adalah kekalahan kedua Indonesia di Asian Games 2022 setelah yang pertama ditaklukkan Korea Selatan dengan skor 55-95.

Dua kekalahan ini membuat Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup D dengan dua poin. Sementara itu, kemenangan ini membuat Jepang menempel ketat Korea Selatan di posisi kedua Grup D dengan poin yang sama, empat poin.

Pada laga terakhir Grup D, Indonesia akan berhadapan dengan tim yang sama-sama menelan dua kekalahan, Qatar, pada Sabtu (30/9) pukul 10.00 WIB.


Redaktur : -
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top