Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Atalanta tengah dalam motivasi tinggi untuk menjungkalkan Real Madrid di Bergamo. Madrid patut waspada karena barisan depan Atalanta sangat tajam, mencetak setidaknya tiga gol dalam sembilan dari 11 laga kandang terakhir.

Atalanta Termotivasi Jungkalkan Madrid

Atalanta Termotivasi Jungkalkan Madrid
Foto : Kenzo Tribouillard / AFP, OSCAR DEL POZO / AFP
A   A   A   Pengaturan Font

BERGAMO - Atalanta dalam kepercayaan diri yang tinggi saat menjamu Real Madrid di Stadion Gewiss, Bergamo, Italia pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (25/2) dini hari WIB.
Tuan rumah asuhan Gian Piero Gasperini finis kedua di Grup D untuk memastikan tempat di babak sistem gugur. Sementara Real Madrid akhirnya memuncaki Grup B setelah awal yang goyah.
Seandainya pertandingan ini dimainkan lima tahun lalu, Real Madrid berpeluang lebih besar untuk menyingkirkan Atalanta dalam perjalanan menuju mahkota Eropa lainnya. Namun, kebangkitan pesat membuat pendukung Atalanta yakin klub yang berbasis di Bergamo itu mampu melaju lebih jauh musim ini.
Penampilan pertama Atalanta yang berjuluk La Dea itu di Liga Champions musim lalu berakhir dengan kekecewaan di perempat final. Mereka disingkirkan Paris Saint-Germain. Namun musim ini, ketajaman tim asuhan Gasperini belum berhenti. Mereka berhasil lolos di tempat kedua dari Grup D di belakang Liverpool. Atalanta bahkan mampu menang secara mengesankan atas Liverpool di Anfield.
Kini, Atalanta memiliki kesempatan terbesar dalam sejarah 113 tahun klub itu. Mereka menjamu Real Madrid yang tengah dilanda badai cedera.
Tim asuhan Gasperini tertinggal agak jauh dari dua klub asal Milan dalam perburuan gelar Serie A. Tapi Atalanta melakukan pemanasan sempurna jelang laga kontra Madrid. Mereka meraih kemenangan 4-2 atas Napoli. Dua pemain asal Kolombia, Duvan Zapata dan Luis Muriel menambah koleksi gol mereka yang mengesankan musim ini.
"Muriel luar biasa, tidak hanya untuk assist dan gol," ujar pelatih Gian Piero Gasperini setelah penyerang itu mencetak gol dalam penampilan kesembilan berturut-turut di Serie A sebagai starter.
"Tahun ini dia telah menunjukkan mental, fisik, dan bentuk atletik yang luar biasa, dia telah membuat lompatan hebat dalam kualitas juga dalam hal konsistensi," sambungnya.
Pemain berusia 29 tahun itu sedang menjalani musim terbaik dalam kariernya dengan 17 gol sejauh ini termasuk dua gol di babak grup Liga Champions.
Dia tampil mengesankan setelah 18 bulan yang mengecewakan di Sevilla sejak didatangkan dari Sampdoria pada 2017. Muriel mencetak 13 gol dalam 65 pertandingan di Spanyol sebelum kembali ke Italia dengan masa pinjaman enam bulan bersama Fiorentina dan pindah ke Atalanta pada pertengahan 2019.
Di musim debutnya, Muriel mendapatkan reputasi sebagai super-sub, mencetak 18 gol Serie A meski hanya menjadi starter pada 10 pertandingan.
Atalanta telah membukukan setidaknya tiga gol masing-masing dalam sembilan dari 11 pertandingan kandang terakhir. Karena itulah lini pertahanan Madrid wajib waspada.
Meski tengah berada dalam motivasi tinggi, Gasperini meminta tim asuhannya tidak lengah. "Kami harus mempertimbangkan karakteristik lawan, kekuatan mereka, dan fakta mereka tidak membutuhkan banyak peluang untuk menang," ujar pelatih berusia 63 tahun itu dikutip dari Football Italia.
"Sangatlah penting bagi kami untuk mencetak gol melawan mereka, itu yang terpenting," sambungnya.

Tanpa Benzema
Sejak kemenangan terakhir mereka di Liga Champions pada musim 2017-2018, Real Madrid telah tersingkir pada tahap ini dari Ajax dan Manchester City.
Laga tengah pekan ini merupakan pertemuan pertama antara Atalanta dengan Real Madrid. Tim tamu memiliki 13 gelar Liga Champions. Prestasi itu jauh dibandingkan dengan Atalanta yang belum memiliki satu trofi pun di level Eropa.
Satu-satunya pemain utama Atalanta yang absen karena cedera adalah bek sayap kanan Hans Hateboer. Penggantinya Joakim Maehle bermain bagus selama 90 menit melawan Napoli.
Di sisi lain daftar cedera Madrid cukup panjang. Karim Benzema yang merupakan pencetak gol terbanyak kelima Liga Champions dipastikan absen karena cedera. Pemain asal Prancis itu bergabung dengan Eden Hazard, Rodrygo, Sergio Ramos, Marcelo, Eder Militao, Daniel Carvajal, dan Federico Valverde di ruang perawatan.
"Lebih baik, kami akan lihat besok, tapi kami tidak akan mengambil risiko apa pun," ujar Zidane usai kemenangan tim asuhannya atas Real Valladolid hari Minggu lalu. ben/AFP/S-2

Perkiraan Formasi

Atalanta 3-4-1-2
Gollini
Toloi, Djimsiti, Palomino
Maehle, De Roon, Freuler, Gosens
Ilicic
Zapata, Muriel

Real Madrid 4-3-3
Courtois
Vazquez, Varane, Nacho, Mendy
Casemiro, Kroos, Modric
Asensio, Diaz, Vinicius Jr



(ben/S-2)
Redaktur : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top