Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Perhubungan Laut

ASDP Layani 2,6 Juta Penumpang selama Nataru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Antusiasme masyarakat yang melakukan perjalanan dengan kapal ferry di 10 lintasan terpantau nasional pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) cukup tinggi dibandingkan realisasi tahun lalu. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat 2.615.124 orang atau meningkat 14 persen dari realisasi periode sama tahun lalu (yoy), sementara untuk kendaraan mencapai 646.486 unit atau naik 16 persen secara yoy.

"Tahun ini trafik penumpang dan kendaraan mengalami kenaikan lebih dari 10% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya. Meskipun terlihat adanya kenaikan jumlah penumpang, lalu lintas masih terpantau ramai lancar. Kepadatan yang sempat terjadi di beberapa titik pelabuhan dapat teratasi dengan baik sehingga arus penyeberangan kembali lancar," jelas Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (4/1).

Selama periode angkutan Nataru ini, ASDP mengoperasikan 57 dermaga dan 227 kapal gabungan denagn rincian 61 kapal milik ASDP dan 166 kapal milik swasta. Selain itu, untuk lintasan di luar pantauan nasional tetap dilakukan pemantauan secara khusus oleh masing-masing Regional dan Cabang ASDP yang secara berkala dilaporkan.

Adapun sebelumnya dilakukan berbagai kesiapan sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran arus penyeberangan selama periode Nataru seperti peningkatan kapasitas dermaga, renovasi ruang tunggu, access bridge dermaga eksekutif menuju dermaga reguler, penataan jalur kendaraan dan lahan Bulusan, penambahan pelabuhan perbantuan Ciwandan dan Jangkar, serta penerapan radius batasan pembelian tiket Ferizy di empat pelabuhan utama.

Ira menambahkan manajemen akan meningkatkan sosialisasi secara masif terkait penerapan radius pembatasan pembelian tiket Ferizy sehingga masyarakat dapat lebih mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari sebelumnya. Apalagi dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, ASDP akan kembali melayani Angkutan Lebaran 2024.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top