Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS dan Inggris Tuding Rusia Terlibat Operasi Spionase Dunia Maya terhadap Politisi

Foto : France24/Reuters/Evelyn Hockstein

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron berbicara dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Departemen Luar Negeri AS di Washington, AS, 7 Desember 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat pada Kamis (7/12) menuduh dinas keamanan Rusia terlibat dalam kampanye spionase dunia maya yang berkelanjutan terhadap politisi, jurnalis, dan LSM terkemuka.

Rusia dicurigai ikut campur dalam politik Inggris sebelumnya, termasuk referendum Brexit yang memecah belah pada 2016. Namun pemerintah Konservatif dikritik karena gagal menyelidikinya.

Dalam klaim terbarunya, Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) berada di balik "upaya yang gagal untuk ikut campur dalam proses politik Inggris". Kemlu Inggris telah memanggil duta besar Rusia mengenai masalah ini.

Sementara itu, jaksa AS membuka dakwaan terhadap dua warga negara Rusia atas peretasan jaringan komputer di Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara NATO lainnya.Kedua orang tersebut kini menghadapi sanksi di kedua negara.

"Upaya Rusia untuk ikut campur dalam politik Inggris sama sekali tidak dapat diterima dan berupaya mengancam proses demokrasi kita," kata Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron dalam sebuah pernyataan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top