Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Arab Prioritaskan Ibadah Haji dan Umrah Indonesia

Foto : ISTIMEWA

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji-Umrah Arab Saudi, Taufig F Alrabiah

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Arab Saudi memprioritaskan ibadah haji dan umrah untuk Indonesia Sampai saat ini, pembicaraan dengan otoritas haji dan umrah Arab mengalami kemajuan yang menggembirakan. Demikian disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam keterangannya usai bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi H.E Taufig F. Alrabiah, Senin (22/11).

"Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah," ujarnya. Dia berharap jemaah Indonesia bisa segera melepas kerinduannya untuk menunaikan ibadah umrah.

Dia menuturkan, hasil pertemuannya dengan Menteri Haji Saudi cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak terlepas dari diskusi awal (Senior Official Meeting) yang dilakukan Wakil Menteri Haji Arab Saudi dengan tim Kementerian Agama yang dikomandoi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Staf Khusus Menteri Agama, dan tim Konsul Haji Jeddah.

Dia memastikan, diskusi kedua pihak akan terus dilakukan secara intensif. Kementerian Agama akan menyusun skenario dan timeline pemberangkatan jemaah umrah.

"Penerapan protokol kesehatan atau prokes akan menjadi aspek paling penting dalam pengaturan penyelenggaraan umrah. Rumusan itu selanjutnya disampaikan kepada Kementerian Haji Saudi untuk dipelajari," jelasnya.

Dia menyebut, progres persiapan ibadah haji dan umrah di Indonesja diapresiasi pihak Arab Saudi. Menurutnya, persiapan lanjutan baik di Arab dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka.

Lebih jauh dia menambahkan, pertemuan tersebut tidak hanya membahas penyelenggaraan umrah. Ada juga pendiskusikan dalam rangka peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang haji dan umrah. "Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu," tandasnya.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top