Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Antisipasi Gelombang Baru Covid-19

Foto : GREG BAKER / AFP

A medical worker takes a swab sample to be tested for the Covid-19 coronavirus in Beijing on November 4, 2021.

A   A   A   Pengaturan Font

Langkah pemerintah mendatangkan berbagai macam vaksin, termasuk vaksin Novavax harus kita apresiasi. Sebagai bukan negara produsen vaksin, vaksinasi di Indonesia cukup membanggakan.

Dunia saat ini dihantui gelombang baru penyebaran Covid-19. Kasus Covid-19 di Eropa Timur pekan lalu begitu tinggi, total melebihi 20 juta dan menjadi yang terburuk sepanjang pandemi.

Di Tiongkok saat ini semakin banyak provinsi yang sedang berperang dengan Covid-19 sejak patogen mematikan itu pertama kali muncul di Wuhan pada 2019. Varian Delta yang sangat menular sedang menyebar di seluruh negeri meskipun langkah-langkah yang semakin agresif telah dilakukan para pejabat dalam upaya menggagalkan penyebarannya. Lebih dari 600 infeksi yang ditularkan secara lokal telah ditemukan di 19 dari 31 provinsi dalam wabah terbaru di negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Penjualan tiket kereta api dari 123 stasiun di 23 wilayah menuju Beijing telah dihentikan. Dan yang lebih serius, Kementerian Perdagangan Tiongkok pada Selasa (3/11) mendesak warga agar menimbun kebutuhan untuk musim gugur dan musim dingin sebagai persiapan menghadapi wabah di masa depan yang dapat memicu penguncian (lockdown) cepat.

Indonesia pun tidak kalah seriusnya dalam hal mengantisipasi datangnya gelombang baru Covid-19. Memang belakangan ini jumlah kasus Covid-19 berhasil turun, namun pemerintah terus waspada menghadapi liburan panjang Natal dan Tahun Baru. Berbagai syarat perjalanan baru telah diberlakukan agar liburan Natal dan Tahun Baru tidak memicu gelombang baru.

Selain terus memperketat protokol kesehatan, pemerintah juga menggenjot vaksinasi di seluruh wilayah untuk mengantisipasinya gelombang baru Covid-19. Berbagai jenis vaksin didatangkan untuk memenuhi target vaksinasi 80 persen jumlah penduduk. Yang terbaru, pemerintah berhasil mendatangkan vaksin Novavax.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top