Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Akrab dengan Gempa dan Tsunami

Foto : ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa

Pekerja berada di luar gedung pascagempa Banten di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (14/1/2022). Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,7 dengan pusat gempa berada di laut 52 km barat daya Sumur, Banten tersebut terasa hingga Ibu Kota.

A   A   A   Pengaturan Font

Jangan buru-buru kembali masuk gedung dan bangunan sebelum ada kepastian bangunan tersebut cukup tahan gempa dan tidak terjadi kerusakan akibat getaran gempa yang bisa membahayakan kestabilan ­bangunan.

Gempa bumi melanda Banten, Jumat (14/1). Gempa dengan magnitudo 6,7 Skala Richter (SR) tersebut berpotensi menimbulkan kerusakan karena guncangannya yang kuat.

Di daerah Cikeusik dan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, guncangan dirasakan hingga skala VI MMI (Modified Mercally Intensity), yaitu getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar bangunan.

Di Labuan dan Sumur guncangan dirasakan hingga skala IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Tangerang Selatan, Lembang, Kota Bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandar Lampung, pada III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Di Anyer pada skala III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu), di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Kotabumi, guncangan pada skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hasil analisis BMKG, gempa tersebut memiliki parameter terkini dengan magnitudo 6,6. Episenter gempa terletak pada koordinat 7,21 derajat Lintang Selatan-105,05 derajat Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top