Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Digitalisasi Usaha

60 Juta UMKM Ditargetkan Terhubung Platform Digital

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari 1,5 tahun ini menyebabkan seluruh sektor usaha mengalami kelumpuhan secara ekonomi, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karenanya, UMKM dituntut untuk lebih adaptif dengan kebiasaan baru agar dapat dapat bertahan dari situasi ketidakpastian ekonomi, termasuk dengan pemanfaatan teknologi digital.

Bank Indonesia (BI) menargetkan 60 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhubung dengan platform digital dalam tiga tahun melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk tahun ini, ditargetkan 12 juta UMKM bisa tersambung dengan platform digital.

"Tahun depan akan kami terus tingkatkan tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat pekan lalu.

Saat ini, Perry mengatakan delapan juta UMKM berhasil tersambung dengan platform digital. Dia pun berkomitmen akan terus mengembangkan UMKM berkoordinasi dengan pemerintah dan institusi lain.

Di sisi lain, bank sentral turut mendukung elektronifikasi bantuan sosial (bansos), moda transportasi, hingga operasi keuangan pemerintah daerah (pemda) saat ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara, Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top