Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

2018, Kementerian PPPA Lakukan Survei Kekerasan Anak

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) akan melakukan survei mengenai kekerasan kepada anak pada 2018. Ini dilakukan untuk mengetahui prevalensi kekerasan terhadap anak.

Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu, mengatakan survei tersebut akan dianalisis untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kekerasan terhadap anak.

"Untuk mengetahui prevalensi kekerasan fisik, psikis, seksual yang dialami anak dan kemudian akan menganilis faktor pendukung dan penghambat yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan," ujar dia, di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Pihaknya mengakui survei kekerasan terhadap anak tidak semudah membalik telapak tangan dan akan ditemui berbagai kendala dalam pelaksanaannya.

Salah satu kendala adalah saat diwawancara anak harus mengantongi izin dari orang tua, padahal sebaiknya saat wawancara tidak ada intervensi dari pihak lain. "Sulitnya mendapatkan data kekerasan pada anak merupakan penyebab fenomena gunung es karena yang diketahui hanya pucuknya, yakni yang terlaporkan saja," Pribudiarta.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top