Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Penularan Covid-19 I PPKM Skala Mikro Diperpanjang hingga 17 Mei 2021

2 Varian Mutasi Ganda dari India Ditemukan di Jakarta

Foto : Sumber: Covid19.go.id
A   A   A   Pengaturan Font

Varian B.1.617 yang menyebar dengan cepat di India itu diketahui memiliki dua mutasi, yaitu E484Q dan L452R.

JAKARTA - Virus korona Covid-19 varian mutasi ganda B.1.671 dari India telah masuk ke Indonesia. Varian B.1.617 itu ditemukan pada dua kasus positif Covid-19 di Jakarta. Bila tidak hati-hati dan tak disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak tertutup kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 seperti yang dialami di India.

"Ya benar ada varian B.1.617 ditemukan pada dua kasus positif Covid-19 di Jakarta," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Senin (3/5).

Varian B.1.617 yang menyebar dengan cepat di India diketahui memiliki dua mutasi, yaitu E484Q dan L452R.

"Rencananya besok (Selasa, 4 April) kami akan mengadakan konferensi pers (menjelaskan masuknya mutasi-mutasi ini)," tutur Nadia.

Keterangan dari Nadia ini melengkapi penjelasan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, sebelumnya. Budi menyebutkan mutasi varian baru dari India, Inggris, dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia.

Budi menjelaskan ada 16 kasus positif Covid-19 yang ditemukan akibat penularan dari tiga varian mutasi itu. Belasan kasus tersebut telah dilaporkan Budi kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada Senin.

"Tadi juga sudah dilaporkan kepada Bapak Presiden karena sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India. Ada dua insiden (penularan dari India) yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," ujar Budi dalam siaran langsung konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, (kemudian) sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," kata dia.

Sementara itu, epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait dengan varian ganda dari India itu.

"Kalau jumlah virus bermutasi itu (B.1.617) sudah di atas ambang tertentu, itu akan terjadi peningkatan yang sangat besar seperti di India, meski penduduk Indonesia seperlima dari India, tapi akan tetap terjadi peningkatan kalau masyarakat lalai 3M, kalau survelains testing juga turun," kata Pandu.

Oleh sebab itu, Pandu meminta masyarakat memperketat penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, serta membatasi mobilitas, baik keluar kota untuk mudik dan wisata di dalam kota. Ia mengaku sangat prihatin beberapa hari terakhir masyarakat mulai tak disiplin menerapkan protokol kesehatan, sedangkan varian baru virus korona terus bermunculan.

"Dan kita enggak boleh bilang terlambat, sekarang ini diketahui (varian baru virus) sekarang kita berbuat, ketika ada sesuatu di India, kita harus berbuat lebih cepat lagi," ujar dia.

Ditambah 5 Provinsi

Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Kebijakan itu diperpanjang selama 14 hari, yakni 4-17 Mei 2021.

"PPKM mikro sendiri akan diberlakukan perpanjangan yang ke-7 antara tanggal 4 sampai dengan 17 Mei," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga Hartarto, usai rapat terbatas dengan Presiden dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Selain diperpanjang, kebijakan ini diperluas di lima provinsi, yakni Kepulauan Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat. Diketahui sebelulmya, PPKM mikro telah diterapkan di 25 provinsi.

"Sehingga ini totalnya menjadi 30 provinsi," ujar Airlangga.

Airlangga menyebut aturan pembatasan selama PPKM mikro jilid 7 masih sama dengan aturan yang berlaku sebelumnya. Namun, pada tempat-tempat hiburan yang sifatnya fasilitas publik diberikan penekanan bahwa penggunaan masker adalah wajib.

n ruf/jon/P-4

(jon/ruf/P-4)
Redaktur : Khairil Huda

Komentar

Komentar
()

Top