Tenaga Kesehatan di Tangsel Divaksin | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2021
No Comments

Tenaga Kesehatan di Tangsel Divaksin

Tenaga Kesehatan di Tangsel Divaksin

Foto : Antara
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany,
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, fokus pemberian vaksin di Kota Tangerang Selatan dan Serang.

Pemerintah kota Tangerang Selatan, telah menerima 8.901 vaksin Covid-19 dan siap melaksanakan vaksinasi pada Jumat (14/1). Sementara itu, Pemerintah Kota dan Kabupaten Tangerang masih menunggu kehadiran vaksin Sinovac, yang dijadwalkan pada tahap kedua.

“8.901 vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, sudah disimpan di storage Dinas Kesehatan yang kita jaga suhunya,” ungkap Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, di Tangsel, Rabu (13/1)

Jumlah dosis vaksin tersebut, kata Airin, belum mencukupi untuk memenuhi seluruh nakes yang ada di wilayah Tangsel berjumlah sekitar 10.461 orang. “Masih kurang jika dibandingkan dengan total tenaga medis yang menerima vaksinasi,” ­ujarnya.  

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni mengatakan, pada tahap pertama ini Dinas Kesehatan menerima sebanyak 8.920 dosis vaksin.

“Iya benar, sore kemarin vaksin sudah tiba. Sebanyak 8.920,” ujar Deden.

Ribuan vaksin tersebut, kata Deden, langsung didistribusikan dari laboratorium kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Pendistribusian vaksin tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat dengan sejumlah aparat Keamanan “Saat ini, vaksin tersebut telah disimpan di Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Tangerang Selatan,” imbuhnya.

Dengan demikian, Deden memastikan bahwa Dinas Kesehatan telah siap untuk menyalurkan vaksin tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Tangsel.

Untuk tahap pertama, penyaluran vaksin akan dilakukan kepada tenaga medis yang sudah terdaftar. “ Kami sudah siap, Kami juga telah menyediakan sebanyak 67 fasilitas pelayanan kesehatan yang  teridir dari 29 Puskesmas, 1 rumah sakit umum, 23 rumah sakit swasta dan 14 klinik. Ujarnya.

Pemerintah Provinsi Banten menyebut pelaksaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di wilayah Tangerang Selatan akan dimulai pada 15 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramuji mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan untuk tenaga kesehatan baru dimulai Jumat (15/1).

 

Kantor Wali Kota Tutup

Sementara itu, kabar duka datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Salah seorang stafnya bernama Haris Sulistio, dilaporkan meninggal karena Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono mengatakan, pihaknya juga menutup sementara layanan administrasi, di Gedung III Lantai 1 dan 2, Komplek Balaikota Tangsel, karena ada yang terpapar virus korona.

“Saya mohon maaf kepada masyarakat yang saat ini merasa terganggu karena pelayanan administrasi sementara ditutup selama dua hari sejak tanggal 13-15 Januari 2021,” kata Taryono, kepada wartawan, Rabu (13/1).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, ada sekira 50 ASN di lingkup Pemkot Tangsel yang saat ini berstatus orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. “Mungkin sekitar 50 orang ada,” katanya.

Sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Tangsel pun dilaporkan meninggal akibat Covid-19. Di antaranya adalah Kepala Dinas Pariwisata Dadang Sofian, dan pensiunan TB Suradi. Keduanya dimakamkan di TPU Jombang, Ciputat. n emh/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment