Korps Marinir Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2021
No Comments

Korps Marinir Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Korps Marinir Akan Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Foto : Istimewa.
. Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Yudo Margono.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Kabar gembira datang dari TNI AL.  Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengungkapkan Komandan Korps Marinir (Dankormar) akan ditingkatkan statusnya pada awal 2021. Tahun depan, Korps Marinir tidak lagi dipimpin jenderal bintang dua, tapi jendeal bintang tiga atau letnan jenderal. 

“Status Dankormar akan ditingkatkan pada awal 2021. Maka,  Komandan Kormar akan dijabat perwira tinggi (Pati) bintang tiga atau Letjen (Mar) dan Wakil Komandn Kormar bakal dijabat Pati bintang dua atau Mayjen Marinir,” kata Laksmana Yudo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta, Rabu (25/11).

Menurut Yudo, peningkatan status Komandan Korps Marinir ini berdasarka Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Maka, dengan ditingkatkannya status Korps Marinir ini otomatis akan diikuti dengan penambahan tugas, baik operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

“Hanya saja, proses kenaikan status Marinir saat ini masih dibahas di Mabes TNI AL. Jadi sesuai prosesnya Peraturan Presiden 66 Tahun 2019, Marinir ditingkatkan jadi dipimpin bintang tiga dan di dalam Perpres itu Marinir sebagai Komando Utama Operasi melaksanakan operasi pendaratan amfibi, dan operasi pertahanan pantai, dan operasi pengamanan pulai terluar,” katanya.

Sebagai informasi, saat ini, Dankormar dijabat Mayjen (Mar) Suhartono. Sementara Wadankormar dijabat oleh Brigjen (Mar) Nur Alamsyah. Kedua jenderal itu  membawahi tiga pasukan marinir yang bermarkas di Cilandak, Jakarta; Sidoarjo, Jawa Timur; dan Sorong, Papua.

“Dengan organisasi yang baru akan ada penambahan ruang jabatan di organisasi Marinir. Sudah ada Perpres nanti tinggal kita tetapkan (naik status) saja, kemungkinan awal tahun ini kita tetapkan,” kata Yudo. n ags/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment