Kapal Survei Jepang Memasuki Perairan Tenggara Pulau Jejudo, Korsel | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 19 2021
No Comments

Kapal Survei Jepang Memasuki Perairan Tenggara Pulau Jejudo, Korsel

Kapal Survei Jepang Memasuki Perairan Tenggara Pulau Jejudo, Korsel

Foto : YONHAP News
A   A   A   Pengaturan Font

 

SEOUL - Kapal survei Jepang memasuki perairan tenggara Pulau Jejudo sehingga Penjaga Pantai Korea Selatan (Korsel) berulang kali berhadapan dengan kapal Jepang tersebut.

Penjaga Pantai Korea Selatan menemukan kapal survei milik Penjaga Pantai Jepang di laut sejauh 130 kilometer dari bagian tenggara Seogwipo, Pulau Jejudo pada Minggu (10/1) pukul 23.55 waktu Korea.

Penjaga Pantai Korsel selama dua hari berturut-turut meminta kapal survei Jepang untuk menghentikan kegiatannya karena harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada pemerintah Korsel.

Namun, pemerintah Jepang bersikeras bahwa pihaknya melakukan kegiatan legal di zona ekonomi eksklusif negaranya dan Kementerian Luar Negeri Jepang memprotes hal tersebut kepada pemerintah Korsel.

“Penjaga Pantai Korsel juga melakukan tindakan yang legal di Zona Ekonomi Eksklusif Korsel,” balas Kementerian Luar Negeri Korsel.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korsel dalam pengarahan pada Selasa (12/1) menerangkan bahwa lokasi kegiatan kapal survei Jepang termasuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Korsel. Lokasi itu merupakan bagian yang merangkap sebagai zona ekonomi eksklusif kedua negara karena keduanya tidak mencapai kesepakatan selama ini.

Sementara itu, Penjaga Pantai Distrik Jejudo kini mengawasi kapal survei Jepang tersebut dengan mengoperasikan dua unit kapal pengawas berkapasitas tiga ribu ton.

Mempertimbangkan survei kelautan yang biasanya memakan waktu lebih dari sebulan, Penjaga Pantai Korsel tetap akan mengawasi kapal Jepang tersebut tanpa batas waktu. KBS/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment