Biden Umumkan Kabinet Pekan Depan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 4 2020
No Comments
Pilpres AS

Biden Umumkan Kabinet Pekan Depan

Biden Umumkan Kabinet Pekan Depan

Foto : JIM WATSON/AFP
Presi­den Amerika Serikat terpi­lih, Joe Biden
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Presi­den Amerika Serikat terpi­lih, Joe Biden, mempercepat pemilihan kabinet dan be­rencana mengumumkannya pekan depan. Biden telah me­wawancarai sejumlah calon secara virtual.

Pada Kamis, (19/11), Biden mengatakan dia telah mene­tapkan pilihannya untuk po­sisi menteri keuangan, tapi para pejabat menyebut dia juga telah menetapkan posisi penting lainnya. Beberapa di antaranya diperkirakan akan diumumkan sebelum peraya­an Thanksgiving.

Seorang pejabat menutur­kan perkenalan pertama ang­gota Kabinet Biden diperkira­kan dilakukan pada Senin dan Selasa. Anggota Dewan Gu­bernur Federal Reserve, Lael Brainard, menjadi kandidat utama untuk memimpin De­partemen Keuangan.

Jika terpilih, dia akan men­jadi sekretaris keuangan wani­ta pertama. Langkah ini akan membantu Biden memenuhi janjinya untuk mengisi kabi­net dengan anggota beragam.

Sementara itu, negara bagi­an Georgia akhirnya memasti­kan bahwa Joe Biden telah me­menangkan pemilu presiden di wilayah tersebut. Kepastian ini diumumkan setelah Geor­gia menyelesaikan audit suara pada Kamis (19/11).

Audit pada Kamis dilaku­kan setelah sebelumnya ha­sil tidak resmi menunjukkan Biden unggul 14.000 suara dari Presiden petahana, Do­nald Trump.

Sekretaris negara bagian Georgia, Brad Raffensperger, menyampaikan bahwa Biden secara resmi unggul 12.284 suara dari Trump. Georgia sendiri menampung lebih dari lima juta suara.

“Audit menegaskan bah­wa mesin hitung asli secara akurat menggambarkan pemenang pemilihan,” ungkap Raffensperger.

Di tempat terpisah, tim kampanye Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Partai Republik mengalami kekalahan berturut-turut da­lam gugatan hukum terkait Pilpres AS yang diajukan di Arizona, Pennsylvania, dan Georgia. Hakim negara bagian dan hakim federal di ketiga ne­gara bagian itu baru saja me­nolak gugatan kubu Trump, Kamis (19/11) waktu setem­pat. SB/CNN/AFP/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment